Klasifikasi Citra Content-Based Image Retrieval Dengan Metode Shape Base Threshold

Pandapotan Siagian, Erick Fernando

Abstract


Content Based Image Retrieval (CBIR) bekerja dengan cara mengukur kemiripan citra dengan semua citra yang ada dalam database sehingga ketepatan pencarian berbanding lurus dengan jumlah citra dalam database. Pencarian citra yang paling mirip mempunyai tingkat lamanya pencarian dengan melakukan klasifikasi citra yang bertujuan untuk mengurangi waktu pencarian lebih singkat dan akurat pada CBIR.
Implementasi Shape Base Thresholding untuk klasifikasi citra serta mengukur tingkat akurasi dan waktu klasifikasinya. Penelitian ini, dirancang aplikasi perangkat lunak dengan pemograman java JDK, aplikasi klasifikasi citra CBIR yang akan mampu mengekstrak fitur warna dan tekstur dari sebuah citra dengan menggunakan Shape Base Thereshold Color Histogram dan Entropi Base Histogram. Hasil dari proses ekstraksi fitur kemudian digunakan oleh perangkat lunak dalam proses learning dan klasifikasi dengan metode Shape Base Threshold. Perangkat lunak dibangun dengan metode analisis dan perancangan terstruktur kemudian diimplementasikan dengan Java JDK. Adapun Citra learning yang terdapat pada 8 kelas citra fitur yang di simpan quary database yaitu 596 citra bmp dan jpg dengan ukuran 400x400, sebagai sample pengujian dan masing masing citra yang terdapat pada quary data base yaitu Color Histogram dan Shape Base Thereshold Histogram yang berbeda.
Aplikasi klasifikasi citra CBIR yang dihasilkan kemudian diuji dengan parameter tingkat akurasi dan waktu klasifikasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kombinasi fitur warna dan tekstur memberikan tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan klasifikasi berdasarkan fitur warna saja atau tekstur saja namun membutuhkan waktu klasifikasi yang lebih lama.
Kata kunci : Klasifikasi Citra CBIR, Ekstraksi fitur, Shape Base Threshold, Entropy Base Threshold

Full Text:

PDF

References


B. S. Manjunath et al, "Color and Texture Descriptors", IEEE Transcations on Circuits and Sistem for Video Technology, 2011.

CBIR:Citras, http://www.ee.columbia.edu/~xlx/courses/vis-hw3/page2.html, didownload pada tanggal 11 April 2010

CBIR: Texture Citras, www.cs.auckland.ac.nz/compsci708s1c/, didownload pada tanggal 11 April 2010

C.K. Leung, F.K. Lam, Performance analysis of a class of iterative image thresholding algorithms, Pattern Recognition, 29(9) (1996) 1523-1530.

J. Cai, Z.Q. Liu, A New Thresholding Algorithm Based on All-Pole Model, ICPR‟98, Int. Conf. on Pattern Rec ognition, Australia, 1998, pp:34-36.

Jiawei Han, Micheline Kamber, "Data Mining Concept and Techniques", Academic Press, 2002

Kenneth R. Castleman, "Digital Image Processing", Prentice Hall, 1996.

Maher A. Sid Ahmed, "Image Processing: Theory, Algorithm and Architecture", McGrawHill, 1995

N. Ramesh, J.H. Yoo, I.K. Sethi, Thresholding Based on Histogram Approximation, IEE Proc. Vis. Image, Signal Proc., 142(5) (1995) 271-279.

Rafael C. Gonzales, Richard E. Woods, "Digital Image Processing", Pentice Hall, 2002.

Shalahuddin, M dan Rosa, Belajar Pemrogaman dengan Bahasa C++ dan Java. Bandung: Informatika Bandung, 2009.

Suharto, Herry, dkk, “Pemrogaman GUI Swing Java dengan Netbeans 5”, Penerbit Andi : Yogyakarta, 2006.

Sundaram RMD, "Image Mining, Intricacies and Innovations", http://www.amrita.edu/cde/, didownload pada tanggal 11 April 2010

T.W. Ridler, S. Calvard, Picture thresholding using an iterative selection method, IEEE Trans. System, Man and Cybernetics, SMC-8 (1978) 630-632.

Usman Ahmad, Pengolaha Citra Digita & Teknik Pemrogramannya. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2005.

Uniform Quantization, http://www.cs.wpi.edu/~matt/courses/cs563/,2007, didownload pada tanggal 11 April 2010

William K. Pratt, 1991, "Digital Image Processing", Wiley-Interscience Publication

Wicaksono, Ady, Dasar-Dasar Pemrogaman Java 2, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, Gramedia, 2002.

Zijun Yang, Jay Kuo, "Survey on Image Content Analysis, Indexing, and Retrieval Techniques and Status Report of MPEG-7", Tamkang Journal of Science and Engineering, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id