Perancangan Sistem Penggerak 2 Axis Pada Sel Surya Berbasis Sensor Matahari

Arif Gunawan

Abstract


Sinar matahari merupakan sumber energi terbarukan yang sangat potensial. Sebagai negara yang terletak di katulistiwa, Indonesia berpotensi menghasilkan energi matahari yang memadai, karena pancaran sinar matahari yang diterima perhari mencapai 4,5 KWH per meter persegi. Jumlah energi matahari yang dihasilkan perangkat sel surya ditentukan oleh posisi dan kemiringan panel terhadap arah datangnya matahari. Agar dapat menyerap energi matahari secara maksimal, maka diperlukan suatu alat penggerak aktif yang dapat bergerak mengikuti arah pergerakan matahari. Hal tersebut yang menjadi latar belakang penelitian ini, dimana dirancang sistem mekanik penggerak 2 axis berbasis sensor matahari berupa mini sel surya yang dapat menggerakkan panel sel surya naik turun, kenanan dan kekiri mengikuti arah intensitas tertinggi. Sistem mekanik ini nantinya akan diimplementasikan pada panel sel surya yang akan menjadi penelitian lanjutan. Dari pengukuran awal diketahui bahwa tegangan referensi pada mini sel surya sebagai penentu arah posisi panel adalah 39,17 V. Dimana sistem penggerak akan berhenti pada posisi tertentu ketika tegangan yang ditangkap mini sel surya sama dengan tegangan referensi. Konsumsi daya setiap pergerakan rotator pada masing masing axis, untuk berat beban 80 Kg adalah 84 W.

References


Bill Lane, “Solar Tracker”, Department of Electrical and Computer Engineering Cleveland State University Cleveland, Ohio, 2008.

Isaac Aunkust, “A Microcontroller-Based Solar Panel Racking System”, American Society for Engineering Education, 2007.

Simatupang.Rancang Bangun Dan Uji Coba Solar Tracker –Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem Vol. 1 No. 1, Februari 2013. Halaman 55-59.

Hardianto, Rinaldi. Perancangan Prototype Penjejak Cahaya Matahari Pada Aplikasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Jurnal Ilmiah Foristek Vol. 2, No. 2, September 2012, halaman 208-215.

Bothe, Singh. Implementation of dual axis solar tracker model by using microcontroller. International Journal of Engineering Research and General Science Volume 2, Issue 4, June-July, 2014. Halaman 780-784.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id