Analisa Tingkat kepuasan dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi Akademik dengan PIECES Framework

Ulfa Fadilla, Syaifullah SE., M.Sc, Nurmaini Dalimunthe, S.kom., M.Kes, Megawati S.Kom., MT, Tengku Khairil Ahsyar, S.Kom., M.Kom

Abstract


Untuk mengetahui apakah Sistem Informasi Akademik Universitas Islam Riau berjalan segaimana mestinya, maka perlu dilakukan proses evaluasi terhadap kinerja sistem informasi tersebut. Evaluasi pada sistem informasi akademik dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sesuai dengan tujuan evaluasi tersebut. Analisa yang dilakukan terhadap Sistem Infomasi akademik Universitas Islam Riau dengan menggunakan PIECES Framework. Analisa ini dilakukan dengan 6 fokus analisa yaitu Performace, Information and Data, Economic, Control and  Security, Efficiency, dan Service. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelemahan, kekuatan dan menganalisa komponen apa yang perlu ditingkatkan. Data yang diolah didapatkan dari penyebaran kuisioner terhadap 98 mahasiswa atau responden pengguan Sistem Informasi Akademik Universitas Islam Riau untuk mendapatkan tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan pengguna. Hasil penelitian ini diketahui rata-rata tingkat kepuasan berada pada 4,12 yang berarti Sistem Informasi Akademik Universitas Islam Riau sudah memberikan kepuasan kepada pengguna, sedangkan rata-rata tingkat kepentingan berada pada 4,45 yang berarti penerapan Sistem Informasi Akademik Universitas Islam Riau dianggap penting oleh pengguna. 

 


Full Text:

PDF

References


Wijaya, H. O. L. (n.d.). Implementasi metode pieces pada analisa website kontor penananman modal kota lubuk linggau. JUSIM, 03(01 pages=48–58, year=2018).

Sukisno dan Wuni, W. F. (2017). Analisa dan perancang sistem informasi tracking acuan quality departemen textile industry. JUTIS, 5(1), 43–51.

Supriyono. (2018). Deskripsi tingkat kepuasan dengan tingkat kepentingan peserta pelatihan pada pelayanan balai pelatihan kesehatan di batam. Wacana Kinerja, 21(2), 77–98.

Yuli, A. S., Asbar dan Mochamad. (2017). Analisa dalam mengukur kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode pieces. Wacana Kinerja, 6(2), 39–47.

Rangkuti, Freddy. Analisa SWOT : teknik membedah kasus bisnis. PT. Gramedia Pustaka.

Imelda dan Muhammad, E. (2012). Perancangan sistem informasi akademik pada sekolah dasar negeri sukajadi 9 bandung. Teknologi dan Informasi, 2(1), 45–60.

Tata, S. (2012). Konsep sistem informasi. Penerbit Andi.

Kristy, W. A., Rellanti Diana dan Kusuma. (2018). Analisa tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan penerapan sistem informasi universitas muhammadiyah malang. Engineering and Sains Journal, 2(1), 17–24.

Supriyatna, M., Adi dan vivi. (2017). Analisa tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan penerapan sistem informasi djp online dengan kerangka pieces. Ilmu Komputer dan Informatika, 3(2), 88–94.

Fatta, H. A. (2007). Analisa dan perancangan sistem informasi. C.V Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id