Analisa Risiko Kecelakaan Kerja Kerja Karyawan Menggunakan Metode Hazard and Operability (HAZOP)

Okti Wardani, Rika Taslim

Abstract


Keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam sistem ketenagakerjaan dan sumber daya manusia. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui jenis kecelakaan kerja dan mengetahui sumber bahaya dan akibat yang terjadi terhadap resiko kecelakaan pada pekerja saat melakukan pekerjaan. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan metode Hazard and Operability (HAZOP) dapat menganalisa tingkat risiko dengan likelihood, consenquences, dan dimasukkan kedalam skala Risk Matrix. Berdasarkan Risk Matrix potensi bahaya kerja ekstrim sebanyak 60% yaitu pada Stasiun Kernal, Stasiun Klarifikasi, dan Stasiun Boiler. Resiko tinggi 23% adalah Stasiun Digester dan Stasiun Press. Resiko sedang sebanyak 15% terdapat pada Stasiun Sterilizer dan Stasiun Tippler. Resiko rendah 2% yaitu Stasiun Loading Ramp.


Full Text:

PDF

References


Markkanen, P. K. (2004). Keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia. ILO. http://www. google. co. id/url.

Febriyan, D., Anindita, G., & Mayangsari, N. E. (2017). ANALISIS POTENSI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE HAZOP DAN FUZZY LAYER OF PROTECTION ANALYSIS PADA DESICCANT 1 DEHYDRATION UNIT DI PT LAPINDO BRANTAS. INC. In Seminar K3 (Vol. 1, No. 1, pp. 328-333).

Rudyarti, E. Hubungan Pengetahuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Sikap Penggunaan Alat Pelindung Diri Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pengrajin Pisau Di PT. X. Jurnal Of Industrial Hygiena Vol.2 No. 1, 2017, Hal 33-43.

Pujiono, B. N., Tama, I. P., Efranto, R. Y. Analisis Potensi Bahaya Serta Rekomendasi Perbaikan Dengan Metode HAZOB Melalui Perangkingan OHS Risk Assessment and Control. Studi Kasus: PT. Ekams Fortuna, 2012.

Restuputri, D. P., & Sari, R. P. D. (2015). Analisis kecelakaan kerja dengan menggunakan metode Hazard and Operability Study (HAZOP). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 14(1), 24-35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id