Analisis Kualitas Pelayanan UPTD Puskesmas Sipayung Rengat Menggunakan Metode Kano

Fitriani Surayya Lubis, Annisa Sri Wahyuni

Abstract


Kualitas pelayanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap penyedia jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan serta atribut apa saja yang paling berpengaruh dalam peningkatan dan penurunan kepuasan tersebut menggunaan Metode Kano. Metode Kano merupakan salah satu metode pengukuran kepuasan pelanggan melalui atribut-atribut tertentu. Berdasarkan analisa yang dilakukan terhadap nilai better dan worse, diketahui sebanyak 8 atribut yang termasuk dalam kategori must be dan diperlukan perbaikan agar kepuasan pasien pada puskesmas Sipayung Rengat dapat meningkat. Adapun perbaikan tersebut yaitu prosedur pemeriksaan pasien dilakukan dengan tepat, pengecekan secara berkala ketersediaan stok obat, memberikan sanksi tegas untuk petugas yang tidak hadir sesuai jadwal, menyediakan kotak kritik dan saran, mewajibkan penggunaan protokol kesehatan, menambah lebih banyak lagi kursi tunggu, memberikan penanda tempat parkir, dan memberikan atap pada tempat parkir

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id