BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL WELDER MENGGUNAKAN METODE NORDIC BODY MAP DAN METODE NASA TLX

Rika Taslim, Annisa Ul Afifah

Abstract


PT. Meindo Elang Indah merupakan sebuah perusahaan kontraktor Engineering, Procurement, Contstructions and Instalation) terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 1987. Salah satu faktor pendukung perusahaan adalah pekerja. Perbaikan kualitas dan peningkatan tingkat produktifitas pekerja perlu dilakukan, menilai tingkat beban kerja yang dialami pekerja agar tidak terjadi ketimpangan yang dapat menurunkan tingkat produktifitas. Penelitian ini dilakukan terhadap welder, ada beberapa keluhan yang dirasakan welder akibat posisi tubuh saat bekerja salah dan ditemukannya kasus dimana saat pengujian produk oleh tim quality control terdapat beberapa produk tidak memenuhi standar. Metode Nordic Body Map dan NASA-TLX merupakan salah satu metode yang digunakan untuk pengukuran tingkat beban kerja sebagai upaya peningkatan tingkat produktifitas. Hasil dari analisis tingkat beban kerja yang dilakukan pada PT. Meindo Elang Indah pada umumnya masih tergolong tinggi. Untuk itu dilakukan tindakan penilaian dan pengendalian tingkat beban kerja dalam upaya meningkatkan tingkat produktifitas pekerja.


Full Text:

PDF

References


Irsa, O. I., Triwibisono, C., Nugraha, F. N. (2021). Analisis Beban Kerja Mental Dan Perancangan Kebutuhan Jumlah Pegawai Menggunakan Metode Nasa-Tlx Pada Divisi Human Reources Department Di Pt Pikiran Rakyat Bandung. e-Proceeding of Engineering. 6(2). 5847-5853.

Handika, F. S., Yuslistyari, E. I., Hidayatullah, M. (2020). Analisis Beban Kerja Fisik Dan Mental Operator Produksi Di PD. Mitra Sari. Jurnal InTent. 3(2). 82-89.

Azwar, G. A. (2020). Analisis Postur Kerja Dan Beban Kerja Dengan Menggunakan Metode Nordic Body Map Dan Nasa-Tlx Pada Karyawan Ukm Ucong Taylor Bandung. Jurnal Techno-Socio Ekonomika. 13(2). 90-101.

Zetli, S. (2019). Hubungan Beban Kerja Mental Terhadap Stres Kerja Pada Tenaga Kependidikan di Kota Batam. Jurnal Rekayasa Sistem Industri. 4(2). 63-70.

Akbar, R. D. dan Sunardi. (2020). Analisa Beban Kerja Menggunakan Nasa-Task Load Index di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas Cepu. Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi. 1(4). 151-162.

Wijaya, K. (2019). Identifikasi Risiko Ergonomi dengan Metode Nordic Body Map Terhadap Pekerja Konveksi Sablon Baju. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC. B08.1-B08.9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id