Analisa dan Desain kembali UI/UX Aplikasi Marketplace UMKM Digidesa Menggunakan Metode Design Thinking

Reski Mai Candra, Novriyanto Novriyanto, Fatimah Almira Firdausi

Abstract


Aplikasi Digidesa merupakan aplikasi layanan digital bagi desa yang bertujuan untuk mengelola administrasi, layanan, dan pasar digital di desa. Pada aplikasi ini terdapat 2 proses bisnis, yaitu surat-menyurat dan pasar digital. Marketplace pada aplikasi memberikan fasilitas bagi UMKM dan usaha-usaha pribadi yang ada di desa untuk dapat memasarkan barang-barang potensi desa keluar desa. Berdasarkan fungsinya, aplikasi ini ditujukan untuk mempermudah warga dalam berjualan, serta memudahkan pembeli dalam mencari produk-produk asli dari desa. Namun dalam penggunaan nya masih terdapat beberapa permasalahan. Penelitian ini berfokus kepada pengembangan rekomendasi aplikasi dengan cara analisa dan mendesain kembali UI dan UX Aplikasi Digidesa menggunakan metode Design Thinking. Metode ini dikenal sebagai suatu proses berpikir komprehensif yang berkonsentrasi untuk menciptakan solusi yang diawali dengan proses empati terhadap suatu kebutuhan tertentu yang berpusat pada manusia. Tahapan dalam metode ini ada 5, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Rekomendasi aplikasi dibangun dalam bentuk prototype menggunakan aplikasi Figma. Prototype yang dibangun berhasil diuji kepada 9 orang responden dengan menggunakan pengujian System Usability Scale (SUS) dan prototype aplikasi berilai 80,71.

Full Text:

PDF

References


Ar Razi, A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan metode design thinking pada model perancangan ui/ux aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer. 03(02), 75–93.

Foundation, I. D. (2010). The Basics of User Experience Design. Retrieved from interaction-design.org.

Heriyanto, H., Wibowo, A., Setiawan, A., Studi, P., Informatika, T., Industri, F. T., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2016). Aplikasi Online Marketplace pada PT . XYZ di Surabaya. Jurnal Infra, 4, 183–188.

Jogloabang. (2019). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-20-2008-usaha-mikro-kecil-menengah

Ridlwan, Z. (2015). Urgensi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Pembangun Perekonomian Desa. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 8(3), 424–440. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v8no3.314


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id