RE-DESIGN KEMASAN KERIPIK NENAS BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN

Melfa Yola

Abstract


Kabupaten Kampar merupakan Provinsi dengan daerah pertanian yang memiliki potensi besar untuk pengembangan perkebunan Nenas. Buah nenas tidak hanya dijual dalam bentuk eceran, namun juga dibuat olahan makanan khas yaitu keripik nenas. Saat ini terdapat beberapa permasalahan pada kemasan keripik nenas, salah satunya adalah desain kemasan yang kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang ulang kemasan keripik nenas berdasarkan orientasi perasaan konsumen menggunakan metode kansei engineering. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu spesifikasi kemasan yang sesuai dengan orientasi perasaan konsumen adalah kemasan yang terbuat dari karton, berwarna terang, berbentuk lucu dan pengenalan daerah, serta kansei word terpilih adalah rapi, mudah dibuka, mudah ditutup, praktis, harga murah, mudah disusun, mudah disimpan, anti air, aman, sablon tahan lama dan informatif.

 

Kata kunci: Kansei Engineering, Kemasan, Persepsi Konsumen, Keripik Nenas


Full Text:

PDF

References


BPS Provinsi Riau., “Statistik Industri Besar dan Sedang Provinsi Riau Tahun 2014”, Badan Pusat Statistik Provinsi Riau ISSN 0126-3943, Pekanbaru, 2014

Taufik Djatnaa and Wenny Dwi Kurniatib., “A system analysis and design for packaging design of powder shaped fresheners based on Kansei engineering”, Industrial Engineering and Service Science 2015, Elsevier 2015.

Nagamachi, Mitsuo., “Kansei Engineering: A New Ergonomic Consumer Oriented Technology for Product Development” International Journal of Industrial Ergonomics 15, hal 3-11, Department of Industrial and System Engineering, Hiroshima University, Higashi-Hiroshima, 1995.

Lemeshow S, Hosmer Jr DW, Klar J, Lwanga SK 1990. Adequacy of sample size in health studies. New York: John Wiley & Sons.

Lokhman, Aniwati Mohd., “Design and Emotion: The Kansei Engineering Methodology”. International Journal Vol.1, Issue 1. Faculty of Computer and Mathematical Science, University Teknologi MARA (UiTM), Malaysia, 2010.

Usman, Hardius dan Nurdin Sobari., “Aplikasi Teknik Multivariate”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id