Hubungan Sistem Pembelajaran Daring dengan Kesehatan Mental Orang Tua di Era COVID-19: Uji Chi-Square dan Dependency Degree

Riswan Efendi

Abstract


Orang tua memiliki peran penting dalam mendampingi anak menjalani pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19. Berbagi peran antara mendampingi anak belajar dan melakukan kewajiban bekerja memunculkan tantangan tersendiri bagi orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara sistem pembelajaran daring dengan kesehatan mental. Sampel penelitian adalah orang tua yang memiliki anak dengan tingkat pendidikan SD sebanyak 32 orang. Variabel sistem pembelajaran daring dinilai berdasarkan kemampuan menggunakan teknologi dan penilaian orang tua pada efektivitas pembelajaran daring. Kesehatan mental diukur menggunakan alat ukur Impact of Event Scale-Revised (IES-R). Hasil uji Chi-square menunjukkan bahwa nilai sig. variabel kemampuan menggunakan teknologi dan variabel efektivitas pembelajaran daring adalah 0.023 dan 0.038, nilai tersebut kurang dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antar variabel kemampuan menggunakan teknologi dan efektivitas pembelajaran daring terhadap kesehatan mental. Ketergantungan antara variabel kemampuan menggunakan teknologi dengan kesehatan mental sebesar 25% dan ketergantungan antara variabel efektivitas pembelajaran daring dengan kesehatan mental sebesar 28%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id