Rancang Bangun Alat Sortir dan Penghitung Benih Ikan Lele yang Ergonomis menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD)

nofri erma sindika

Abstract


Pada proses pembudidayaan ikan lele terdapat proses penyortiran dan proses perhitungan benih ikan. Jika telah memasuki masa panen, proses penyortiran dan perhitungan yang dilakukan sekarang masih menggunakan sistem manual/konvensional yang menyebabkan beberapa keluhan oleh peternak ikan lele diantaranya kelelahan dan rentan cidera pinggang serta ketidakakurasi perhitungan. penelitian yang bertujuan menghasilkan alat sortir dan penghitung benih ikan lele yang ergonomis dengan menggunakan metode ergonomic function deployment (EFD) dengan mengidentifikasi variabel kebutuhan berdasarkan pengelompokkan Efektif, Nyaman, Aman, Sehat dan Efisien (ENASE). Dengan variabel kebutuhan yaitu sistem perhitungan otomatis, material tahan lama, kapasitas yang luas, ukuran alat sortir dan penghitung ikan nyaman digunakan, aman saat digunakan, tidak melukai ikan, tidak menyebabkan sakit pinggang & tangan keriput/mengkerut serta proses sortir dan penghitung benih ikan cepat dan akurat. Dimensi yang digunakan dimensi tinggi pinggul digunakan untuk tinggi alat yaitu 89 cm. dimensi panjang bahu genggaman tangan ke depan digunakan untuk panjang alat 61 cm. dimensi lebar bahu digunakan untuk lebar alat 40 cm dan dimensi lebar telapak tangan digunakan untuk dimensi pegangan tangan pada alat sortir 9 cm sehingga memperbaiki posisi kerja lebih ergonomis dan hasil lebih akurat.


Full Text:

PDF

References


Afiat, Nur, Rifqi, Muhammad. 2020. Rancang Bangun Alat Penghitung Benih Ikan Bandeng Gelondongan Berbasis Mikrokontroler Atmega 328. Fakultas Teknik. Program Studi Teknik Elektro Universitas Qomaruddin.

Khairuman, K. Amri. 2009. Peluang Usaha dan Teknik Budidaya lele Sangkuriang. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Novianto, Tri, Jazuli, Agustini Dewi. 2017. Perancangan Dan Pengembangan Desain Produk Meja Warung/Café Lesehan Multifungsi Yang Ergonomis Menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD). Fakultas Teknik Industri Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Ulrich T. Karl, Eppinger, Steven. 2001. Perancangan dan Pengembangan Produk. Salemba Teknika. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id