Penerapan Algoritma FP-Growth dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen

Sindhy Genjang Setyorini, Mustakim Mustakim, Jeni Adhiva, Shinta Ayunda Putri

Abstract


PT. Citra Mustika Pandawa mempunyai layanan sewa beli furniture tetapi sering kali terjadi stock barang habis saat pelanggan ingin membeli, dan mendapat masalah dalam pemasaran, untuk mengetahui produk yang banyak diminati dan untuk mengetahui kebiasan pelanggan memebeli produk secara bersamaan bisa menggunakan salah satu teknik data mining. Data transaksi penjualan furniture ini digunakan untuk menemukan produk yang dibeli secara bersamaan, penggunaan Algoritma FP-Growth untuk menemukan kombinasi pola barang. Hasil yang didapatkan dari percobaan nilai minimal support 30% dan confidence 50% adalah 4 rule dan dengan nilai minimal support 40% nilai confidence 50% didapatkan 1 rule saja. Produk yang sering dibeli secara bersamaan oleh pelanggan PT.Citra Mustika Pandawa adalah Lemari es 1P, Rak tv, LED 32”, Rak piring, dan Meja makan.


Full Text:

PDF

References


G. H. Putra, “Efektivitas Ruang dalam Rumah Tipe 36 ditinjau dari Perletakkan Perabot terhadap Ruang Gerak Penghuni,” E-Journal Grad. Unpar, vol. 1, no. 2, pp. 75–89, 2014.

S. Rony, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Promosi Mahasiswa Baru ( Studi Kasus : Politeknik Lp3i Jakarta ),” J. Lentera Ict, vol. 3, no. 1, pp. 76–92, 2016.

S. Gupta and R. Mamtora, “A Survey on Association Rule Mining in Market Basket Analysis,” Int. J. Inf. Comput. Technol., vol. 4, no. 4, pp. 409–414, 2014, [Online]. Available: http://www.irphouse.com/ijict.htm.

O. Ben Akpoyomare, L. P. K. Adeosun, and R. A. Ganiyu, “The Influence of Product Attributes on Consumer Purchase Decision in the Nigerian Food and Beverages Industry: A Study of Lagos Metropolis,” Am. J. Bus. Manag., vol. 2, no. 1, p. 196, 2013, doi: 10.11634/216796061706211.

R. K. Soni, P. N. Gupta, and P. A. Sinhal, “An FP-Growth Approach to Mining Association Rules,” Int. J. Comput. Sci. Mob. Comput., vol. 2, no. February, pp. 1–5, 2013.

A. Ikhwan, D. Nofriansyah, and Sriani, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan ( Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma ),” Saintikom, vol. 14, no. 3, pp. 211–226, 2015.

J. Matematika et al., “ASOSIASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS Fathimah Fatihatul, Atje Setiawan, Rudi Rosadi,” Jatinagor Univ. Padjadjaran, pp. 1–8, 2011, [Online]. Available: https://www.academia.edu/4758451/ASOSIASI_DATA_MINING_MENGGUNAKAN_ALGORITMA_FP-GROWTH_UNTUK_MARKET_BASKET_ANALYSIS.

H. D. Anggraeni, R. Saputra, and B. Noranita, “APLIKASI DATA MINING ANALISIS DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus di Apotek Setya Sehat Semarang),” J. Masy. Inform., vol. 4, no. 7, pp. 1–8, 2013, doi: 10.14710/jmasif.4.7.1-8.

S. Sidhu, U. Kumar Meena, A. Nawani, H. Gupta, and N. Thakur, “FP Growth Algorithm Implementation,” Int. J. Comput. Appl., vol. 93, no. 8, pp. 6–10, 2014, doi: 10.5120/16233-5613.

I. Syukra, A. Hidayat, and M. Z. Fauzi, “Implementation of K-Medoids and FP-Growth Algorithms for Grouping and Product Offering Recommendations,” Indones. J. Artif. Intell. Data Min., vol. 2, no. 2, p. 107, 2019, doi: 10.24014/ijaidm.v2i2.8326.

H. Maulidiya, A. Jananto, G. Special, I. A. Bawang, M. Sedap, and M. Asosiasi, “Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dan Fp-GROWTH SEBAGAI DASAR PERTIMBANGAN PENENTUAN PAKET SEMBAKO,” pp. 978–979, 2020.

D. Sepri, M. Afdal, and S. Riau, “Analisa Dan Perbandingan Metode Algoritma Apriori Dan Fp-Growth Untuk Mencari Pola Daerah Strategis Pengenalan Kampus Studi Kasus Di Stkip Adzkia Padang,” J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 1, no. 1, 2017.

Mustakim et al., “Market Basket Analysis Using Apriori and FP-Growth for Analysis Consumer Expenditure Patterns at Berkah Mart in Pekanbaru Riau,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1114, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1114/1/012131.

M. M. Degree, C. Science, and A. C. Lecture, “Data Mining : Concepts and,” vol. 05, p. 703, 2012, [Online]. Available: https://scholar.google.ru/scholar?hl=ru&as_sdt=0%2C5&q=Data+Mining%3A+The+Textbook&btnG=.

Azhari and Anshori, “Pendekatan aturan asosiasi untuk analisis pergerakan saham,” Knowl. Creat. Diffus. Util., vol. 2009, no. semnasIF, pp. 183–189, 2009.

L. C. A. M. C and A. K. D, “Market Basket Analysis for a Supermarket based on Frequent Itemset Mining,” Int. J. Comput. Sci. Issues, vol. 9, no. 5, pp. 257–264, 2012.

T. Rachim and I. Setiawan, “The Effects of Product Attributes and Pricing Policy to Netbook Purchase Decision : ( Case Study of Universitas Widyatama Students ),” Int. J. Sci. Res., vol. 3, no. 4, pp. 522–527, 2014, [Online]. Available: www.ijsr.net.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id