Perancangan Manajemen Optimasi Bandwidth Internet Komputer Dengan Metode Fuzzy Sugeno

Ansor Ibrahim Usman

Abstract


Seperti kita ketahui, pemakaian internet di universitas memerlukan pengaturan akses atau bandwidth. Untuk itu diperlukan manajemen pemakaian bandwidth.  Salah satu metode yang efektif untuk  mengatur penggunaan bandwith ini adalah dengan mengaplikasikan metode Fuzzy Sugeno yang melibatkan variabel input. Pembentukan variabel input terbagi atas variabel trafik download, browsing, streaming dari masing-masing jurusan Gizi, TRO, TEM, TG, KL, dan Perpustakaan, dengan menggunakan Program Aplikasi Matlab toobox 6.1 bermetode wtaver yang terdiri dari masing masing besar bandwidth dari jurusan selama 2 (dua) bulan antara September sd Oktober 2019 berturut-turut sebagai berikut 112 Mbps, 51,4 Mbps, 150 Mbps, 75 Mbps, 113 dan 45,2 Mbps untuk bulan September sedangkan untuk bulan Oktober berturut-turut sebagai berikut 75 Mbps, 37,5 Mbps, 83,9 Mbps, 45,17 Mbps, 113 Mbps, dan 61,9 Mbps serta nilai error diperoleh dari selisih nilai kapasitas bandwidth server Poltek dengan hasil analisa metode Fuzzy Sugeno. Prosedur penelitian mengikuti jalannya diagram alur penelitian yang merupakan acuan penelitian. Variabel input terbagi atas variabel himpunan. Pada himpunan fuzzy ini untuk setiap variabel memiliki 4 himpunan fuzzy yaitu sangat rendah, rendah, normal, dan tinggi serta pengambilan data menggunakan internet metode MRTG dengan  alamat internet adalah “bmon.scbd.net.id”.


Full Text:

PDF

References


Rofiq M. Perancangan manajemen bandwith internet menggunakan metode fuzzy sugeno. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA. 2013;7(1):1-15.

Fiengo, Giovanni G, Edmondo T. Neural-based downlink scheduling algorithm for broadband wireless networks. Computer Communications. 2007;30:207–18.

Foster I, Kesselman C. The Grid: Blueprint for a New Computing Infrastructure. 2nd ed. San Fransisco: Morgan Kaufman; 2003.

Kusumadewi S. Aplikasi logika fuzzy untuk pendukung keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id