RANCANG BANGUN E-COMMERCE MENGGUNAKAN PLATFORM ANDROID

Rice Novita, rido randika putra

Abstract


Kebangkitan ekonomi digital, transaksi elektronik telah merambah ke semua sektor, diantaranya sektor pertambangan, pendidikan, perdagangan dan ekonomi. Khususnya sektor ekonomi dalam proses perdagaranga yang sangant memanfaatkan teknologi secara detail. Intensitas digitalisasi, penggunaan komputer, telekomunikasi, dan internet bervariasi di seluruh dunia. paper ini menyajikan system e-commerce menggunakan platform android. Banyak aplikasi Android yang menyematkan halaman web melalui komponen WebView dan menjalankan kode JavaScript di dalam Android. Dengan e-commerce ini dapat melakukan proses transaksi jual beli secara online dan lebih mudah digunakan oleh user.  Tujuan utama dari paper ini adalah memberikan solusi  alternatife dalam pencarian data atau informasi terkait penjualan menggunakan android. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT yang dibuat dalam bentuk table matrik. Pengembangan perangkat lunak menggunakan metode waterfall, metode prancangan system menggukan object oriented analys desaign (OOAD) dan pengkodingan menggunakan bahasa pemrogram java dengan software Android Studio. perangkat android minimal android versi 4.3.1

Full Text:

PDF

References


Bernadi. (2013). Aplikasi sistem informasi penjualan berbasis web pada toko velg yq. Mathematics and Engineering Applications, 731–741.

Cahyono. (2014). Implementasi fitur electronic customer relationship management pada rekam medis. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 168–173.

Efrain, Turban; Jae, Lee; David, K. (2004). Electronic Commerce A Managerial Perspective. Prentice Hall.

Jeffrey, Rayport and Bernard j, J. (2013). Introduction to E-Commerce. McGraw-Hill.

Kojongian, Ester; Wowor, Hans F.; Karouw, S. D. . (2017). Sistem Informasi Komoditas Pasar di Kota Manado Berbasis Android. E-Journal Teknik Informatika.

Kosasi. (n.d.). Perancangan sistem e-commerce untuk memperluas pasar produk oleh-oleh khas pontianak. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia (Snastia), 2015, 110–119.

Lee, W.-M. (2010). Beginning android application development. Wiley Publishing, Inc.

Li, X., Zhao, X., Xu, W. (Ato), & Pu, W. (2020). Measuring ease of use of mobile applications in e-commerce retailing from the perspective of consumer online shopping behaviour patterns. Journal of Retailing and Consumer Services, 55(April 2019), 102093. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102093

Moriset, B. (2020). e-Business and e-Commerce. In International Encyclopedia of Human Geography (Second Edi, Vol. 4). Elsevier. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-102295-5.10044-7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id