PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PRAKRIND DENGAN MODEL RAD (RAPID APPLICATION DEVELOPMENT)

John Friadi

Abstract


Salah satu tujuan praktek kerja industri (prakrind) adalah implementasi dan sinkronisasi antara pendidikan di sekolah dengan keahlian di dunia industri.  Dalam pelaksanaannya monitoring adalah salah satu hal penting pada saat praktek kerja industri (prakrind) yang menjadi panduan penilaian hasil kerja siswa. Selama ini monitoring masih dilakukan secara manual sehingga sering terjadi masalah seperti manipulasi data atau data hilang. Permasalahan berikut nya adalah kurangnya pengawasan dari guru dan praktisi industri sehingga kegiatan praktek kerja industri (prakrind) tidak berjalan optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan sistem informasi monitoring praktek kerja industri (prakrind) siswa sehingga komunikasi terus terjalin antar siswa, guru dan praktisi industri sebagai pembimbing lapangan. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan pendekatan model RAD (Rapid Application Development) yang dapat mempercepat dan membantu dalam pengembangan produk sistem informasi monitoring praktek kerja industri (prakrind) siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).. Dengan demikian hasil pengembangan sistem informasi monitoring kegiatan praktek kerja industri (prakrind) siswa ini diharapkan dapat adi lebih baik, real time, akurat dan terintegrasi.

Kata kunci: Produk, Monitoring, Prakrind, RAD


Full Text:

PDF

References


Agus Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

A Athailah, J Friadi. Sistem Informasi Manajemen Aset Menggunakan Pendekatan MVC dengan Framework Codeigniter di PT. H-Tech Oilfield Equipment. Zona Komputer: Program Studi Sistem Informasi Universitas Batam. 7(3):1-16.

DE Kurniawan, M Iqbal, J Friadi, RI Borman, R Rinaldi. Smart Monitoring Temperature and Humidity of the Room Server Using Raspberry Pi and Whatsapp Notifications. Proceeding Journal of Physics: Conference Series 1351 (1), 012006.

Kendall, J.E. & Kendall, K.E. 2010. Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: Indeks.

Marakas, G.M. 2006. System Analysis Design: an Active Approach. New York: Mc.Graw-Hill.

Mc.,Leod, R. Jr. 2002. System Development: A Project Management Approach. New York: Leigh Publishing LLC.

Mulis, Ahmad. 2009. Aplikasi Absensi Karyawan untuk Berbagai Keperluan Bisnis. Jakarta: Kompas Gramedia.

Pressman, R.S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Shalahuddin, M dan Rosa A.S. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Tata Sutabri. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta. Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id