PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI MONITORING PERKEMBANGAN KOPERASI

Bayu Rahayudi

Abstract


Koperasi sebagai sebuah sistem dan badan usaha yang berasaskan gotong royong diharapkan dapat menjadi aktor penting dalam upaya peningkatan perekonomian dan mampu menjadi motor penggerak memberi kontribusi  tercapainya kehidupan ekonomi yang sejahtera, baik orang-orang  yang menjadi anggota maupun masyarakat di sekitarnya. Untuk memaksimalkan potensi koperasi maka dibutuhkan kegiatan dalam bentuk pemberdayaan yang dilakukan oleh setiap daerah. Salah satu hal utama yang diperlukan dalam penyusunan strategi pemberdayaan koperasi itu adalah tersedianya basis data yang kemudian dilanjutkan dengan rencana induk pengembangan koperasi yang terkini dan mudah diakses oleh para pihak yang berkepentingan sehingga pengambilan kebijakan pengembangan dan pemberdayaan koperasi tepat sasaran dan mampu berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional.

Pengembangan Aplikasi Monitoring Perkembangan Koperasi bertujuan untuk menyediakan basis data koperasi dan perkembangannya, yang pada akhirnya dapat digunakan untuk penyusunan kebijakan dan pemberdayaan koperasi ke depan. Pengembangan aplikasi ini dimulai dengan analisis kebutuhan, perancangan basis data, dan perancangan antar muka. Setelah diimplementasikan, maka akan dilakukan pengujian melalui pengujian fungsional atau pengujian blackbox. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Monitoring Perkembangan Koperasi berbasis desktop yang berjalan di lingkungan sistem Operasi Windows 10.

Full Text:

PDF

References


Plomp. Tjeerd, “Educational Design Research : An Introduction” dalam An Introduction to Educational Design Research, Enschede, Netherland, SLO - National Institute for Curriculum Development, 2007.

L. Whitten, Jeffrey, & D. Bentley, Lonnie, System Analysis & Design Methods Seventh Edition. New York, USA : McGraw-Hill, 2007

Jogiyanto, Analisis dan Desin, Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id