Desain Layout Taman FST Menggunakan Konsep Biomimikri

Nurfadilla Insani

Abstract


Pemanfaatan lahan kosong yang berada di Fakultas Sains dan Teknologi, dapat  dioptimalkan dengan mengembangkan fasilitas yang ada di  Taman  Central Point Knowledge dan menambahkan fasilitas – fasilitas yang dapat menunjang kegitan mahasiswa FST. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mendesain taman FST menggunakan konsep Biomimikri yang nyaman dan ramah energi. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan biomimikri yang mempunyai beberapa tahap dalam perancangan,  dengan melakukan identifikasi terhadap kebutuhan mahasiswa dan melakukan observasi terkait dengan konsep  alam yang cocok untuk di terapkan dalam perancangan serta  melakukan diskusi dengan pihak pakar. Hasil perancangan konsep taman yang terpilih adalah konsep taman Water Lily Park   dengan menambahkan konsep sistem panel surya sebagai pemanfaatan terhadap kebutuhan energi di FST, menambahkan konsep pengaturan terhadap pemanfaatan air hujan dan penambahan manajemen terhadap sampah. Diharapkan dengan konsep ini dapat menjadi solusi optimalisasi  lingkungan taman FST yang nyaman, fungsional dan raman energi.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Hadi S. Taman Instan. Jakarta: Penebar Swadaya.2008

Benyus, J. Biomimicry - Innovation Inspired by Nature, New York, Harper Collins Publishers.1997.

Chairiyah R. Aplikasi Kenyamanan Termal Pada Bangunan Arsitektur Biomimikri Untuk Mendukung Efisiensi Energi.Tesis. Yogyakarta Universitas Gadjah Mada.2017

Gruber, Petra. Biomimetics in Architecture- Architecture of Life and Building . NewYork: Springer.2011.

Indra I. Penerapan Konsep Arsitektur Biomimicry Pada Bangunan Lapau Panjang Sebagai Icon Wisata. Tesis. Padang: Pasacasarjana Universitas Bung Hatta;2019

Leonardo VA. Metode Student- Centered Learning Pada Pembelajaran Studio Desain Integrative Dengan Kajian Biomimicry. Jurnal Strategi Desain & Inovasi Sosial. 2020; Vol. 1, no 2 :122-132.

Purwaningsih R .dkk.Biomimicry Class Perancangan Produk Dengan Biomimicry Desain Spiral Pada Sarung Tangan Renang. Jurnal Pasopati. 2020; Vol. 2, No. 2: 83-90.

Zari, maibritt Pederse. Biomimetic Approaches to Architectural Design for Increased Sustainability. Wellington New Zealand :Victoria University.2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id