Pemodelan Data dengan Skema Galaksi pada Data Lulusan

Dini Nurmalasari, Dini Hidayatul Qudsi, Mutia Sari Zulvi, Warnia Nengsih

Abstract


Indikator kebijakan pada bagian akademik mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Berdasarkan pasal 54 UU Dikti, SN Dikti merupakan satuan standar yang meliputi standar nasional pendidikan, ditambah dengan standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat. Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh setiap Perguruan Tingg terdiri atas sejumlah standar dalam bidang akademik dan nonakademik. Indikator yang ada pada SN Dikti terdiri dari indikator yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Saat ini untuk menghasilkan data yang dibutuhkan untuk pelaporan Standar Mutu Perguruan Tinggi, masih dilakukan secara manual melalui penggabungan dari beberapa sistem informasi yang ada di Politeknik Caltex Riau (PCR). Hal ini mengakibatkan beberapa kendala diantarnya lamanya proses untuk mendapatkan data, data tidak konsisten, dan mengganggu kinerja sistem informasi transaksional yang ada. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan data secara multidimensi, yang bertujuan untuk mengintegrasikan semua data yang dibutuhkan, sehingga dapat memberikan solusi terhadap permasalahan saat ini. Pemodelan dilakukan dengan pendekatan model skema galaksi (fact constallation schema) yang diharapkan dapat memaksimalkan waktu proses, sehingga dapat mempercepat kinerja dari data warehouse yang dibangun. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, kesederhanaan query skema galaksi berpengaruh pada kecepatan waktu query, akurasi dan konsistensi data.


Full Text:

PDF

References


Dharmayanti, D., Bachtiar, A. M., & Heryandi, A. (2013). Pemodelan Data Warehouse, 12(2), 151–168

Ilmiah, J., Komputa, I., Volume, E., Issn, F., Cv, D. I., Anugerah, K., … Bandung, U. (2016a). PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK DATA WAREHOUSE Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ), 1.

Paulraj Poniah, Data Warehousing Fundamentals. New York: John Wiley and Sons Inc, 2001.

Ben Fry, Visualizing Data, O’Reilly, December 2007

Muhammad Ali Suradi, PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK DATA WAREHOUSE DI CV. KARYA ANUGERAH TRITUNGGAL, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) 1 Edisi. 1 Volume. 1, 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id