Evaluasi Sistem Laporan Pertanggungjawaban dengan Kerangka PIECES Pada Bidang TIK-KOMINFO Kota Tangerang

Trie Mayhera Sabalidowati

Abstract


Laporan pertanggungjawaban merupakan salah satu hal penting dalam menyelenggarakan sebuah acara. Dimana laporan tersebut dibuat sebagai bahan evaluasi dari sebuah kegiatan. Begitu pula yang terjadi pada laporan pertanggungjawaban yang ada di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang dibuat dengan tujuan menyelesaikan rangkaian acara yang sudah dilaksanakan agar bisa disahkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisa PIECES yang terdiri dari performance, information, economy, control, efficiency, dan service. Dengan hasil metode ini dapat meningkatkan kualitas laporan, serta dapat mempercepat kinerja staff dalam pembuatan laporan. Penelitian ini memiliki batasan atau ruang lingkup tersendiri yaitu dalam sebuah laporan pertanggungjawaban terdapat dua laporan yaitu laporan administrasi umum dan laporan administrasi anggaran dan penelitian ini hanya mengenai analisa sistem laporan pertanggungjawaban pada Bidang TIK Kominfo dan dilaksanakan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang saja. Maka dari itu dengan adanya sistem laporan pertanggungjawaban ini akan lebih membantu staff khususnya Dinas Kominfo Bidang TIK. Pembuatan laporan pertanggungjawaban yang ada pada saat ini juga telah menerapkan prinsip Good Corporate Governance diantaranya laporan sudah disajikan secara transparan, laporan tersebut juga bisa dipertanggungjawabkan, perlakuan pembuatan laporan disana juga sudah berlaku adil terhadap semua staff yang terlibat kepada kepala dinas karena telah memberikan informasi yang benar. Prinsip akuntabilitas juga berperan disana karena staff mampu mempertanggungjawabkan semua laporan atas bukti yang diberikan.


Full Text:

PDF

References


Ema TieTien Chrystiana, Pengaruh Penyajian Laporan Pertanggungjawaban dan Aksesibilitas Terhadap Transparansi dan kuntbilitas Pengelolan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Wironanggan Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. 2017.

Ragil, Wukil. 2010:17. “Analisis menggunakan Metode Pieces”.Jakarta.

Hembarwati, A. (2017). Dampak Keterlambatan Penyampaian Terhadap Penyajian Laporan keuangan KPPN Surabaya II.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Fajar Pradana, Bayu Priyambadha (2017). “Pengembangan Elektronik Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah untuk Dinas Perindustrian Kota Malang”.

Frank Zwingly The, Jantje. J.Tinangon, Inggriani Elim (2016). “Analisis Penatausahaan dan Penyusun Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Serta Penyampaiannya Pada Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kota Manado”.

Darman Umagapi, Syahril Hasan (2019). ”Perancangan Sistem Informasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran Pada Kantor Kecamatan Oba Selatan”. Dalam Jurnal Ilmiah ILKOMINFO – Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol. 2 No. 2

Ikbal Lukmanul Hakim, Leni Fitriani (2016). “Perancangan Sistem Informasi Laporan Surat Pertanggungjawaban Belanja Operasional Di Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Banyuresmi”. Dalam Jurnal Algoritma STT-Garut Vol. 13 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id