Optimasi Vehicle Routing Problem di PT. XYZ Menggunakan Metode Clarke and Wright Saving Heuristic dan Nearest Neighbour

Vivi Engraini, Nova Meirizha, Dedi Dermawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute distribusi yang dapat meminimasi jarak, waktu dan biaya di PT. XYZ. Permasalahan penentuan rute termasuk dalam Vehicle Routing Problem (VRP). Adapun penyelesaian VRP dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode Clarke and Wright Saving Heusristic dan metode Nearest Neighbour lalu memilih rute dengan total jarak tempuh dan total waktu penyelesaian yang lebih kecil sebagai rute usulan yang optimal. Selanjutnya dilakukan perbandingan antara rute usulan yang optimal dengan rute distribusi perusahaan saat ini dari segi jarak, waktu dan biaya. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa rute yang dihasilkan oleh metode Nearest Neighbour lebih optimal karena memiliki total jarak tempuh dan total waktu penyelesaian yang lebih kecil dibandingkan rute yang dihasilkan oleh metode Clarke and Wright Saving Heuristic serta mampu memberikan penghematan jarak tempuh, waktu penyelesaian dan biaya distribusi berturut-turut sebesar 19,9%, 9,6% dan 24,4% dari rute distribusi perusahaan saat ini.


Full Text:

PDF

References


Frazelle E. Supply Chain Strategy. New york: McGraw-Hill. 2002: 169.

Rupiah S. Efektivitas Algoritma Clarke-Wright dan Sequential Insertion dalam Penentuan Rute Pendistribusian Tabung Gas LPG. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang; 2016.

Fuadi AS, Pujotomo D. Penyelesaian Vehicle Routing Problem Menggunakan Metode Clarke and Wright Saving Heuristic (Studi Kasus: PT. Coca Cola Amatil Indonesia-Wilayah Banyuwangi). Seminar Nasional IENACO (Industrial Engineering National Conference). Surakarta. 2018: 164-172.

Hutasoit CS, Susanty S, Imran A. Penentuan Rute Distribusi Es Balok Menggunakan Algoritma Nearest Neighbour dan Local Search. Reka Integra. 2014; 2(2): 268-276.

Octora L, Imran A, Susanty S. Pembentukan Rute Distribusi Menggunakan Algoritma Clarke and Wright Savings dan Algoritma Sequential Insertion. Reka Integra. 2014; 2(2): 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id