PENGAPLIKASIAN SENSOR INFRA MERAH DAN PHOTOELECTRIC PADA MESIN MOUNTER DI PT GLOBAL JAYA ELEKTRONIK

des Mira mira

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan sensor dalam perkembangan industri sangat berpengaruh. Sensor dan transduser merupakan peralatan atau komponen yang mempunyai peranan penting dalam sebuah sistem pengaturan otomatis. Ketepatan dan kesesuaian dalam memilih sebuah sensor akan sangat menentukan kinerja dari sistem pengaturan secara otomatis dan Sensor pada mesin ini berfungsi  mendeteksi adanya benda yang menghalangi sinar infra merah. Dan apabila mesin itu mendeteksi adanya benda maka mesin tersebut akan otomatis mati.


Full Text:

PDF

References


Ekojono, Parastiwi, A., & Ragmad, C. (2018). Pemrograman Spreadsheet Untuk Pemodelan Kontrol Rangkaian Elektronika. Polinema Press.

Ginta, P. W., & Fenni R . M. (2011). Robot Pendeteksi Dan Penghitung Jalan Berlobang Menggunakan Sensor Infra Merah Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Jurnal Media Infotama. 1. 1858 - 2680.

Lusi, V. M., Warsito, Ali., & Chiristian, A. L. (2018). Sistem Pengukuran Indeks Massa Tubuh Menggunakan Sensor Jarak Infra Merah Dan Load Cell. Jurnal Fisika Sains dan Aplikasinya, 3.

Maria, P. S., & Susianti, E. (2018). Analisis Karakteristik Elektrik Bentuk Geometri Jalur Printed Circuit Board Menggunakan Pendekatan Finite Element. Jurnal Teknik Elektro, 1,1411-0059

Suryono. (2018). Teknologi Sensor : Konsep Fisis dan Teknik Akuisisi Data Berbasis. Semarang: UNDIP PRESS.

Tehuayo, Rofieko., Pranjoto., & Gunadhi, Albert.LampuTangga Otomatis.Jurnal Ilmiah Widya Teknik,13,1412-7350.

Yusniati. (2018). Penggunaan Sensor Infrared Switching. Journal of Electrical Technology, 3, 2502-3624.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id