ANALISA ALUR TENAGA LISTRIK PADA TRANSFORMATOR DAYA ELECTRIC ARC FURNACE (EAF) 6 SLAB STEEL PLANT (SSP) PT KRAKATAU STEEL

des Mira mira

Abstract


       PT Krakatau Steel merupakan salah satu perusahaan baja terbesar di indonesia. BUMN yang didirikan pada tahun 1970. Dalam kesehariannya PT Krakatau Steel untuk mendukung sistem produksi agar dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan sistem penyaluran tenaga listrik yang handal. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui alur tenaga listrik pada transformator daya  Electric Arc Furnace 6 ; (2) untuk mengetahui prinsip kerja transformator daya  Electric Arc Furnace 6. . Salah satu komponen penting dalam proses produksi baja adalah  Electric Arc Furnace. Komponen utama dalam proses produksi Electric Arc Furnace adalah Transformator Daya.  Penyaluran tenaga listrik berasal dari tingkat pusat (Main Substation) ke substation. Kemudian dari substation disalurkan lagi ke furnace breaker 6 yang didalamnya ada beberapa alat proteksi seperti Current Transformer, Voltage Transformer, Vacum Circuit Breaker, dan Disconnecting Switch. Kemudian disalurkan lagi ke Transformator Daya Electric Arc Furnace (Dapur Listrik) melalui kabel arus tinggi untuk mengaliri arus listrik 3 buah elektroda dalam proses peleburan baja. Prinsip kerja Transformator Daya Electric Arc Furnace disini merubah  tegangan yang tinggi dan arus yang rendah disisi primer menjadi tegangan yang rendah dan arus sangat tinggi disisi sekunder guna membantu proses peleburan baja oleh elektroda di EAF6.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Galih. (2013). Peralatan Daya Listrik dan Sistem Distribusi Transformator Electric Arc Furnace (EAF) Dapur 6 SSP 1 PT. Krakatau Steel. Jurnal Teknolo-gi. Volume 4, 2-4.

Harun. (2016). Rekondisi Transformator Untuk Mengatasi Menurunnya Kemampu-an Isolasi Pada Trasformator Dis-tribusi 20 kV, Jurnal Teknik Elektro, Volume 5, 30.

Hermawan. (2014). Analisis Terhadap Perfor-mance Sistem Tenaga Listrik Me-makai Metode Aliran Daya. Jurnal Eltek. Volume 11, 17-28.

Marsudi. (2016). Operasi Sistem Tenaga Listrik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nadjuri. (2012). Analisis Penghematan Energi Listrik Pada Electric Arc Furnace dengan Sistem Waste Heat Recov-ery. Jurnal Ilmiah Teknobiz, Volume 2, 102.

PT. Krakatau Steel. (2010). Arsip PT. Krakatau Steel. Indonesia.

Supriyatna. (2014). Rancang Bangun Tungku Busur Listrik Satu Fase Untuk Peleburan Konsentrat Mangan dan Besi Menjadi Fero Mangan. Jurnal Teknologi Mineral dan Batu Bara, Volume 10, 166.

Suswanto, D. (2009). Sistem Distribusi Tenaga Listrik. Padang.

Syahputra, D. R. (2017). Transmisi dan Distri-busi Tenaga Listrik. Yogyakarta : LP3M UMY Yogyakarta.

Syarifudin. (2011). Perhitungan Lama Waktu Pakai Transformator Jaringan Dis-tribusi 20 Kv di APJ Yogyakarta. Jurnal Teknologi, Volume 4, 89-85.

Tasiam, F. J. (2017). Proteksi Sistem Tenaga Listrik. Yogyakarta : Teknosian.

Wardhana. (2010). Transformator Tegangan Dan Pemeliharaannya Pada Gardu jInduk 150 Kv Srondol PT. PLN (Persero) P3B JB Region Jawa Ten-gah dan DIY. Jurnal Teknologi, Vol-ume 4, 2-3,

Wicaksono. (2016). Perancangan Dapur Busur Listrik Skala Laboratorium Dengan Daya Maksimal 6,6 KW dan Kapasi-tas Tungku Peleburan Maksimal 200 Gram. Jurnal Teknologi. Vol-ume 5, 1.

Za’im, Mukhamad Rif’at. (2014). Analisis Trans-formator Daya 3 Fasa 150 KV/20 KV Pada Gardu Induk Ungaran PLN Distribusi Semerang. Edu Elektrika Journal. Volume 3, 10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id