Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa

Erdawati Nurdin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu lembar kerja mahasiswa berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis dan efektif memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini mengikuti langkah-langkah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Developmnet, Implementation dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan teknik tes, dengan instrumen berupa angket dan soal tes kemampuan representasi matematis. Data dari angket yang diberikan menunjukkan bahwa LKM yang dikembangkan telah valid dan praktis digunakan. Hasil analisis menggunakan uji U-Mann Withney menunjukkan bahwa LKM efektif memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. LKM berbasis penemuan terbimbing ini layak digunakan dalam pembelajaran Geometri Analitik, terutama materi Parabola dan Elips.


Keywords


lembar kerja, penemuan terbimbing, model pengembangan ADDIE, kemampuan representasi matematis, geometri analitik, parabola, elips

Full Text:

PDF

References


Arynda., Susanto., & Dafik. (2012). Penerapan metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial kelas VIIF semester ganjil SMP Negeri 1 Rambipuji tahun ajaran 2012/2013. Kadikma 3(3),123-132.

Astuti, E. P. (2017). Representasi matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Beta, 10(1), 70-82. doi : http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100

Apriyadi, S.F. (2015). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, 727-732.

Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.

Ellianti., Johar, R., & Husna, A. (2015). Analisis kemampuan representasi matematis siswa kelas ix smpn 6 banda aceh dalam menyelesaikan soal konteks literasi matematika (KLM). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Syah Kuala, 31-45.

Hamruni. (2012). Strategi pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Jauhar, M. (2011). Implementasi paikem dari behavioristik sampai kontruktivistik: sebuah pengembangan pembelajaran berbasis CTL. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Juweni., Sumadji., & Wulandari. (2016). Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Prosidimg Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, Universitas Kanjuruhan Malang, 177-181.

Majid, A. (2012). Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standard forschool mathematics. Reston : NCTM.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Purnomo, Y.W. (2011). Keefektivan model penemuan terbimbing dan cooperatif learning pada pembelajaran matematika. Jurnal Kependidikan, 41(1), 37-54.

Rohisah R.V., Sunardi., & Sugeng P.D. 2014. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter pada model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) pokok bahasan teorema pythagoras untuk SMP Kelas VIII. Kadikma, 5(2), 101-110.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(2), 33-44.

Sagala, S. (2003). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Setiawan, B. (2017). Pengaruh penerapan model penemuan terbimbing berbantuan power point terhadap hasil belajar materi trigonometri kelas X. Briliant : Jurnal Riset dan Konseptual, 2(4), 504-511.

Suarsana, I.M. (2014). Geometri analitik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suherman, E, dkk. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. JICA: Bandung.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardhani, S dan Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wijayanti, D. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistik dan Peluang dengan Metode Penemuan Terbimbing Berorientasi Kurikulum 2013 untuk Siswa Kelas X. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 23-33.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter