Penerapan Pembelajaran Berkarakter Islami Pada Program PPL Mahasiswa Pendidikan Matematika Unissula Semarang

Imam Kumaryono, Hevi Risqi Maharani

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan dari penerapan pembelajaran berkarakter Islami dalam pelaksanaan PPL, sebagai bekal kompetensi calon guru pada mahasiswa pendidikan matematika  Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan concurrent embedded dimana metode kuantitatif sebagai metode primer. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keefektifan  terpenuhi oleh unsur: (1) Kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa pendidikan matematika dalam program PPL di sekolah mitra mencapai kategori baik yaitu rata-rata skor 78,39, (2) Terdapat pengaruh aktivitas pembelajaran mahasiswa PPL dan minat siswa terhadap hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran berkarakter Islami dengan persamaan regresi ganda  = 36,907 + 0,200X1 + 0,634X2, yang bersifat linier. Besarnya kontribusi aktivitas dan minat siswa  terhadap hasil belajar ditunjukkan dari nilai R square (indeks determinasi) sebesar 0,416 atau 41,6%, artinya aktivitas mahasiswa PPL dan minat siswa mempengaruhi hasil belajar sebesar  41,6%, sedangkan sebesar 58,4%  dipengaruhi oleh ada variabel lain, dan (3) Hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran berkarakter Islami mencapai 76,52  yang berarti lebih baik daripada hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tidak berkarakter Islami hanya mencapai 70,29. Aktivitas pelaksanaan pembelajaran matematika berkarakter Islami yang dilaksanakan mahasiswa PPL sudah memenuhi standard yang ditetapkan oleh program studi. Sedangkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika berkarakter Islami juga tingg.


Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2007). Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN-Maliki Press.

Abdussakir.(2009). Matematika 1: Kajian Integratif Matematika dan Al-Qur'an. Malang: UIN-Maliki Press.

Hariyani, M. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah Berintegrasi Nilai-nilai Islam. Jurnal Menara, 12 (2), 150-155. Tersedia online: ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Menara/article/download/418/399

Karya, I.W., (2015). Menumbuhkembangkan Minat Belajar Siswa-siswi Tingkat Dasar dan Menengah di Pasraman Kilat Batola. Jurnal Satya Dharma, 2(2), p.94. Tersedia online: http://jurnal.stahntp.ac.id/index.php/Satya-Dharma/article/view/94

Kusmaryono, I., dkk. 2016. Pedoman PPL FKIP Unissula 2016. Semarang: Unissula Press.

Slameto, (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mmpengaruhinnya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Yasri. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika yang Bernuansa Islami. [Online]. (Tersedia: http://bdkpadang.kemenag.go.id)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

         

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education FTK UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jme@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 
Flag Counter