Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Mata Kuliah Kalkulus 1 ditinjau berdasarkan Gaya Kognitif

Rezi Ariawan, Hayatun Nufus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan koneksi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pada mata kuliah kalkulus 1 ditinjau berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika FKIP UIR yang sudah lulus mata kuliah kalkulus 1. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar tes tertulis, lembar tes GEFT dan lembar pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan menganalisis data tertulis wawancara yang kemudian selanjutnya dilakukan triangulasi metode untuk mendapatkan data subjek penelitian yang valid. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa profil kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang mempunyai gaya kongitif Field Independent, Field Medium, dan Field Dependent sudah mampu mengkoneksikan konsep matematika dengan konsep disiplin ilmu lainnya. Mahasiswa yang bergaya kognitif Field Independent, Field Medium, dan Field Dependent belum memiliki kemampuan untuk mengkoneksikan konsep matematika dengan konsep matematika serta belum mampu mengkoneksikan konsep matematika dengan permasalahan sehari-hari.

Keywords


kemampuan koneksi matematis, kalkulus 1, gaya kognitif

Full Text:

PDF

References


Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Analisis Data). Jakarta: Rajawali Pers.

Himmatul Ulya. (2015). Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol. 1 No. 2 Tahun 2015, ISSN. 2460-1187.

Koko Martono. (1999). Kalkulus. Jakarta: Erlangga.

Lexy J. Moleong. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standard for School Mathematics. Reston: NCTM.

Nunuk Suryanti. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika Jinah, Vol. 4 No. 1, Singaraja, Desember 2014. ISSN. 2089-3310.

Sternberg, R. J. dan Elena L. G. (1997). Are Cognitive Styles Still in Style?. Amaerican Psychologist Association. Volume 52, No. 7 PP. 700-712.

Utari Sumarmo. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: UPI

Witkin, H. A., et al. (1977). Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research. Volume 47, No. 1. PP. 1-64.

Woolfolk Anita E. (1993). Educational Psychology. London: Allyn and Bacon.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter