PENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PERKULIAHAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Isnaniah Isnaniah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan kemandirian belajar mahasiswa melalui penerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada matakuliah media pembelajaran matematika (MPM). Jenis  penelitian yang digunakan adalahClassroom Action Research, subjek penelitian adalah mahasiswa semester 3 jurusan pendidikan matematika yang sedang menempuh matakuliah MPM yang berjumlah 79 orang. Rancangan penelitian terdiri dari 4 tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kreativitas, lembar penilaian kemandirian belajar dan instrument tambahan yaitu tes awal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kreativitas mahasiswa pada siklus 1 sebesar 60,1% yang tergolong pada kategori sedang dan pada siklus 2 kretativitas mahasiswa sebesar 81,46% yang tergolong pada kategori tinggi. Kemandirian belajar mahasiswa pada siklus 1 sebesar 58,15% yang tergolong pada kategori sedang dan pada siklus 2 kemandirian belajar mahasiswa sebesar 79,44% yang tergolong pada kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi  peningkatan kreativitas dan kemandirian belajar mahasiswa melalui penerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada matakuliah media pembelajaran matematika.

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung : CV Pustaka Setia

Munandar,S.C.U. 2002.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : PTRineka Cipta.

Munandar, S.C.U., dkk.1990.Memupuk Bakat dan KreativitasSiswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Gramedia

Riduwan, 2013.Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Jawa Barat : Alfabeta

Rosyidah. 2010. Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa MTs N Parung-Bogor. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia

Sukardi, 2009.Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa (online jurnal). diakses tanggal 15 februari 2016

Supriadi, D.1994. Kreativitas Kebudayaan& Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional 2003.

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer – Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Wijaya, Chandra dkk, 2013.Penelitian Tindakan Kelas. Medan: IKPI

Wiyarsi Antuni dkk. 2007. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Perkuliahan Workshop Pendidikan Kimia untuk Menin gkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Mahasiswa. (Makalah FMIPA UNY)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

         

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education FTK UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jme@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 
Flag Counter