KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

Heni Rahmadani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi Limit Fungsi dan Turunan Fungsi di kelas XI IPS SMA Islam As-Shofa Pekanbaru melalui penerapan strategi Think Talk Write. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Islam As-Shofa Pekanbaru yang berjumlah 22 orang dengan 14 orang siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, analisis data kuantitatif dan analisis keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan nilai rata-rata kelas pada tes awal 52,43, pada tes kemampuan pemahaman matematis I 70,08, dan pada tes kemampuan pemahaman matematis II 78,41. Kemudian terjadi peningkatan jumlah siswa yang termasuk dalam kriteria sangat tinggi, yaitu pada tes awal 2 siswa, pada tes kemampuan pemahaman matematis I 2 siswa, dan pada tes kemampuan pemahaman matematis II 9 siswa. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI IPS SMA Islam As-Shofa Pekanbaru.

Keywords


Strategi Think Talk Write, Kemampuan, Pemahaman Matematis

Full Text:

PDF

References


Afgani, J. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Amir MZ, Zubaidah & Wahyudin. (2016). Exploration of Metacognitive Ability at Elementary School Students in Learning Mathematics (Case Study in 1th Grade Students of Elementary School). Journal of Innovative Technology and Education, Vol. 3, 2016, no. 1, 179-184. HIKARI Ltd, www.m-hikari.com. http://dx.doi.org/10.12988/jite.2016.68

Amir MZ, Zubaidah (2017). Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika. JPPM Vol. 10 No. 1 2017.

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. (2006). Bahan Ajar Telaah Kurikulum Matematika SMA. Pekanbaru.

Gunawan, A. (2012). Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia.

Lie, Anita, (2007). Cooperative Learning, Jakarta, Grasindo.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana. (2006). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Trianto (2007). Model-Mode lPembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka

Yamin, M. (2008). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Referensi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

        

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education FTK UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jme@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 
Flag Counter