IMPLEMENTASI PROGRAM APLIKASI MAPLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN KALKULUS INTEGRAL

suhandri suhandri

Abstract


Kalkulus merupakan salah satu pelajaran yang sulit bagi mahasiswa, membuat para pengajar berusaha membuat terobosan baru dalam proses mentransfer ilmu dikelas, salah satunya adalah memanfaatkan teknologi  komputasi dengan menggunakan software Maple sebagai upaya meningkatkan Prestasi dan motivasi belajar mahasiswa. Suatu penelitian eksperimen dilakukan untuk melihat pengaruh pembelajaran kalkulus integral dengan menggunakan teknologi komputer program aplikasi Maple. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester dua. Dua kelas dipilih dengan menggunakan teknik sampling untuk dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes matematika untuk menunjukkan prestasi belajar yang berisi soal-soal kalkulus integral dan angket skala sikap motivasi belajar. Dari hasil analisis data secara statistik pada tingkat signifikansi α = 0,05, ditemukan bahwa pencapaian prestasi belajar mahasiswa kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan bantuan program aplikasi Maple lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan pencapaian siswa kelas kontrol, yaitu kelas yang diajar dengan metode klasikal. Berdasarkan jawaban-jawaban dari angket sikap mahasiswa, ternyata mahasiswa termotivasi dan memberikan sikap positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan program aplikasi Maple.

keywords :  program maple, prestasi dan motivasi belajar.


Keywords


program maple; Prestasi belajar;motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ariawan,I.P.W. (2004). Efektivitas Pemanfaatan Program Maple dalam Perkuliahan Kalkulus. Laporan Penelitian. Singaraja : IKIP N Singaraja

Candiasa, I.M. (2004). Komunikasi Pembelajaran Bermedia Komputer. Laporan Penelitian. Singaraja : IKIP N Singaraja

Juandi, D. (1999). Pengoptimalan Penggunaan Media Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar kalkulus di FPMIPA UPI Bandung. Penelitian UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Karim, N.(2003). Use of IT & Maple in Teaching Pre-calculus. The Mathematics Education into the 21st Century Project. Procedings of the International conference. Brno, Czech Republic, Sepember 2003.

Powers, R and Blubaugh, W. (2005). Technology in Mathematics Education: Preparing Teachers for The Future. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education Vol. 5 (3/4),

Rukmana, K. (2000). Suatu Alternatif Model Pembelajaran Perkuliahan Analisis Real I Sebagai Salah satu saha dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir dan Bernalar Secara matematik pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Penelitian UPI Bandung: Tidak Diterbitkan

Sankey, M., (2005). Multimodal Design and The Neomillenial Learner. Proceedings of OLT 2005 Conference, Brisbane, Australia, 27 September 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

        

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education
Faculty of Education and Teacher Training
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter