Model Missouri Mathematics Project (MMP) Bernuansa Keislaman dalam Perangkat Pembelajaran

Rezi Ariawan, Rizki Tika Ayuni

Abstract


Matematika tidak cukup hanya disampaikan dengan memberikan catatan materi dan contoh saja, tetapi harus disertai dengan kegiatan berupa pemberian latihan dari materi yang telah diajarkan. Selanjutnya pembelajaran matematika diharapkan bukan hanya mengembangkan kemampuan berpikir saja, tetapi penanaman konsep keislaman haruslah menjadi fokus utama. Selain itu peningkatan pemahaman belajar siswa dapat dilakukan dengan salah satu cara yaitu tersedianya perangkat pembelajaran yang dipadukan dengan model pembelajaran yang dapat mengefektifkan penggunaan latihan – latihan dalam pembelajaran yaitu Missouri Mathematics Project (MMP). Tujuan penelitin ini dilakukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model Missouri Mathematics Project (MMP) yang bernuasa keislaman yang teruji kelayakannya. Penelitian dilakukan pada semester ganjil 2020/2021. Penelitian dan pengembangan merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan langkah – langkah pengembangan tingkatan 1 yang peneliti modifikasi menjadi dua tahapan yaitu: (1) tahap studi pendahuluan yang terdiri dari analisis kebutuhan, analisis lapangan dan studi literature; (2) tahap pengembangan yang terdiri dari perancangan produk, uji validitas produk, revisi produk. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes yaitu pada tahapan studi pendahuluan peneliti menggunakan teknis analisis data secara deskriptif kualitatif, sedangkan pada tahapan pengembangan peneliti menggunakan teknik analisis data berupa statistic deskriptif. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil kevalidan untuk  RPP sebesar 94,16% dengan tingkat validasi sangat valid, sedangkan kevalidan untuk LKPD sebesar  90,70 % dengan tingkat validasi sangat valid.


Full Text:

PDF

References


Afisa, N., Sugiarti, T., & Trapsilasiwi, D. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Bernuansa Kontekstual Pada Sub Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Untuk Smpkelas Viii Semester Genap. Kadikma, 4(2).

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. THEOREMS, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan Rme Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126

Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2377–2394.

Emzir, E. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Raja Grafindo Persada.

Kurniati, A. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis kontekstual terintegrasi ilmu keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58.

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392–396.

Muchyidin, A. (2015). Implementasi model pembelajaran matematika berintegrasi keislaman dalam meningkatkan karakter demokrasi siswa. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2).

Nana Syaodiah, S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya.

Nufus, H., Nurdin, E., & Ariawan, R. (2021). Integrasi Nilai Keislaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Buku Ajar Program Linier. Jurnal Gantang, 6(1), 47–60.

Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110–124.

Rouf, A., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persegi Panjang Dan Persegi Berbasis Karakter Kreatif Menggunakan Model Missouri Mathematics Project (Mmp) Pada Kelas Vii Smp. Kadikma, 7(1), 76–83.

Sari, N., Rezeki, S., & Ariawan, R. (2019). Materi himpunan terintegrasi keislaman: Sebuah studi pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 53–60.

Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Suripah, & Sthephani, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik. Dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika (hlm. 414–424).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i1.13951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter