KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM BELAJAR GARIS DAN SUDUT DENGAN GEOGEBRA

Farida Nursyahidah, Bagus Ardi Saputro, Muhammad Prayitno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan mengidentifikasi dugaan – dugaan matematis, mengevaluasi argumen – argumen matematis, dan membangun pembuktian matematis siswa SMP setelah memperoleh pembelajaran geometri menggunakan GeoGebra. Penelitian menggunakan desain pre-eksperimen jenis studi kasus sekali tes (the one shot case study).  Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kemampuan mengidentifikasi dugaan – dugaan matematis, mengevaluasi argumen – argumen matematis, dan membangun pembuktian matematis, setelah memperoleh pembelajaran geometri menggunakan GeoGebra sudah ada dan mulai berkembang, tetapi masih dalam persentase yang rendah. Agar kemampuan penalaran matematis siswa lebih berkembang dan meningkat, disarankan untuk menggunakan GeoGebra dalam kegiatan yang bervaariasi seperti mengunakannya sebagai alat bantu konstruksi, dan sebagai alat bantu proses penemuan dalam satu pembelajaran, disamping sebagai media demonstrasi dan visualisasi. Memberikan banyak kesempatan dan fasilitas kepada siswa dalam kelas untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis dalam hal memberikan argumen, membuat dugaan, mengidentifikasi dan mengevaluasi argumen dan dugaan, serta membuat dan membangun pembuktian matematis.

Keywords


kemampuan penalaran matematis, GeoGebra, garis dan sudut

Full Text:

PDF

References


Agustinus, S. (2013). Penalaran Kuantitatif (Quantitative Reasoning) Dalam Pemecahan Masalah Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Asis, M., Arsyad, A & Alimuddin. (2015). Profil Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis, 3(2), 78-87.

Handayani, I. M., Pujiastuti, E., & Suhito. (2014). Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 1-9.

Hidayat, F. A., & Mirza, A. (2015). Analisis Tahap Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Gaya Kognitif di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(12).

Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (2010):” Peningkatan Kontribusi Penelitian dan Pembelajaran Matematika dalam Upaya Pembentukan Karakter Bangsa”. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Minarni, A. (2010). Peran Penalaran Matematik Untuk Meningkatkan Kemampuan pemecahan Masalah Matematik Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (2010):” Peningkatan Kontribusi Penelitian dan Pembelajaran Matematika dalam Upaya Pembentukan Karakter Bangsa”. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Muchyidin, A. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, And Intellectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Geometri Siswa (Studi Eksperimental Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gegesik Cirebon Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2).

Napitupulu, E.E. (2008). Peran Penalaran dalam Pemecahan Masalah Matematik. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Nursyahidah, F., & Saputro, B. A. (2015). Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Tangram GeoGebra untuk Menemukan Luas Persegi. AKSIOMA, 6(1/Maret).

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18).

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar – Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Tarsito. Bandung

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

        

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education
Faculty of Education and Teacher Training
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter