Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Berbasis Strategi Small Group Discussion untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Rama Andika, Irma Fitri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu LKS berbasis strategi small group discussion yang valid dan praktis dan untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengikuti langkah-langkah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Rumbio Jaya dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah para ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen & guru dan siswa SMP Negeri 2 Rumbio Jaya tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes dengan istrumen berupa angket dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan data dari angket yang diberikan menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah valid dan praktis, tetapi pada praktikalitas kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah ditutup akibat wabah covid-19 sehingga peneliti tidak bisa menerapkan LKS ke dalam kelas. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis strategi small group discussion ini layak digunakan dalam pembelajaran pada materi SPLDV

Full Text:

PDF

References


Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249–259.

Fitraini, D., Lubis, I. M., & Kurniati, A. (2021). Pengaruh Scaffolding terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemadirian Belajar Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 49–58.

Meisya, S., Suhandri, S., & Nufus, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model-Eliciting Activities untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 33–42.

Mulyaningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Penelitian. Bandung: Alfabeta,.

Nugroho, A.D. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Kubus, Balok dan Limas Siswa SMP. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2640/1875

Nurhusain, M., & Hasby, M. (2021). Komunikasi Matematis Siswa SMP: Studi Membangun Komunikasi Kelompok yang Efektif Melalui Strategi Student Team Heroic Leadership. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 53-65. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.15

Pravitasari, I., & Ismaniati, C. (2019). Small Group Discussion Berbasis Peer Assesment: Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Calon Guru Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(1), 25-36 . https://doi.org/10.17977/um009v28i12019p025

Rawa, N. R. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Pendekatan Scientific pada Materi Aritmatika Sosial Bagi Siswa SMP. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 319–328.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55–60.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Utami, A. P., Zuhdiyah, Z., & Paradesa, R. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 061–068.

Yuliani, D., Andriani, L., & Fitri, I. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 18 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 193–200.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter