ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI OPAC TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN UIN SUSKA RIAU)

Nurmaini Dalimunthe, Dewi Purwanti, Arabiatul Adawiyah

Abstract


UIN SUSKA Riau merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri yang bergerak di bidang jasa pelayanan pendidikan. Perpustakaan UIN SUSKA Riau telah menerapkan layanan Online Public Access Catalog (OPAC) pada tahun 2012. Dalam prakteknya masih terdapat keluhan dalam penerapan layanan OPAC. Oleh karena itu dilakukan pengukuran kualitas layanan OPAC menggunakan metode Libqual berdasarkan tiga dimensi yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan OPAC dilihat dari dimensi Libqual terhadap kepuasan mahasiswa/I pada perpustakaan UIN SUSKA Riau dan untuk mengetahui atribut mana yang perlu mendapat prioritas utama dalam perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan OPAC. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang menggunakan OPAC pada perpustakaan UIN SUSKA Riau dengan jumlah sampel 379 orang. Analisa data yang digunakan menggunakan analisa perhitungan Libqual dan CSI. Data diperoleh dengan melakukan wawancara dan  penyebaran angkat dan dikembangkan mengikuti metode Libqual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan OPAC pada perpustakaan UIN SUSKA Riau dinilai sudah cukup baik dalam batas toleransi, namun masih kurang memuaskan bagi anggota perpustakaan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil keseluruhan yang diperoleh dari analisa skor Adequacy Gap (AG) yang menunjukkan nilai negatif yaitu -1,24 dan analisa skor Superiority Gap (SG) yang menunjukkan nilai negatif yaitu -2,93. Berdasarkan prioritas perbaikan layanan terdapat pada kuadran A.,

.

 

Kata Kunci: Ekspektasi, Kualitas, Libqual, OPAC, UIN SUSKA Riau


Full Text:

PDF

References


Ridwan, Taufiq. “Kajian Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon”. [Tesis]. Universitas Indonesia. 2011.

Rahayuningsih, F. (2013). “Analisis kepuasan pemustaka terhadap kualitas jasa layanan menggunakan metode Libqual”. Vol 11, No 2, ISSN: 1412-1956, Jurnal Universitas Snata Dharma, Yogyakarta. 2013.

Nurvia, Era. “Pengukuran Kualitas Layanan Digital Library Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Libqual (Studi Kasus: Perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Riau)”. Tugas AKhir Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau, Pekanbaru. 2016.

Istiqomah, Miftah. “Kualitas Layanan Sistem Informasi Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Libqual+ (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Lancang Kuning)”. Tugas AKhir Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau, Pekanbaru. 2016.

Yamit, Zulian. “Manajemen Kualitas Produk dan Jasa”. Ekonesia, Yogyakarta. 2002.

Tjiptono, Fandi., dan Gregorius Chandra. “Service, Quality, & Satisfaction”. Edisi 3. Andi, Yogyakarta. 2011.

Hasugian, Jonner. “Katalog Perpustakaan Dari Katalog Manual Sampai Katalog Online”. USU Digital Library. 2003.

Fatmawati, Endang. “Mata Baru Penelitian Perpustakaan dari Servqual ke LibQUAL+TM”. Sagung Seto, Jakarta. 2013.

Adin, Annisa Kusuma.“Pengaruh Kualitas Layanan Referensi Menggunakan LIBQUAL Terhadap Kepuasan Pengguna di Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya”. 2004

Ndendo Roland Tanggu, dkk. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan PSMA On-line pada Universitas Gunadarma”. Jurnal Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek, & Sipil) Vol.2 Agustus 2007 ISSN : 1858-2559.

Ridwan, Taufiq. “Kajian Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon”. Tesis. Universitas Indonesia. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v6i2.9506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.