RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN RUTE KOS-KOSAN SEKITAR UIN SUSKA RIAU BERBASIS ANDROID

Dian Diantiwi Tiwi, Gusfa Leo Firnandao

Abstract



Rumah kos merupakan salah satu tempat tinggal bagi mahasiswa yang sedang menempuh ilmu dari luar
kampung halaman. Berdasarkan 100 lembar kuesioner tentang pemilihan kos-kosan yang disebarkan kepada
mahasiswa baru UIN Suska Riau, di dapatkan hasil 80 mahasiswa baru memilih kos-kosan yang dekat dengan
kampus. Dikarenakan mahasiswa baru kurang mengetahui wilayah UIN Suska Riau serta harga, fasilitas dan
layanan yang disedikan kos-kosan. Untuk itu diperlukan aplikasi pemetaan kos-kosan dengan berbagai detail,
fasilitas, kapasitas tipe dan penentuan rute terpendek yang tepat agar dapat menekan waktu tempuh seminimal
mungkin, serta dapat membantu dan memberikan kemudahan bagi mahasiswa baru dalam menemukan kos-kosan.
Aplikasi yang dibangun menggunakan Location Based Service (LBS) memberikan layanan personalisasi kepada
pengguna perangkat application mobile yang disesuaikan dengan lokasi mereka saat ini. Sehingga dengan
memadukan antara application mobile dan algoritma Dijkstra diharapkan dapat mempermudah pengguna dalam
melakukan pencarian lokasi kos-kosan dengan jarak yang terdekat dan dapat memberikan keputusan yang akurat.
Berdasarkan hasil uji dengan metode User Acceptance Test (UAT) menunjukkan tingkat penerimaan pengguna
sebesar 83,57%.


Full Text:

PDF

References


Dadi Rosadi dan Febi Oktarista Andriawan, (Juni, 2016) AplikasiSistem Informasi Pencarian Tempat Kos Dikota Bandung Berbasis Android.Jurnal Computech & Bisnis. Edisi 10, No. 1. hal. 50

Putra, Akbar Nuzul. (2014), Aplikasi Wisata Kota Bandung Menggunakan Metode Location Based Service (LBS) Pada Android. Bandung: Politeknik Telkom.

Kadir Abdul. (2010). Pengenalan Algoritma. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Lubis, Henny Syahriza, (2009), Perbandingan Algoritma Greedy dan Dijkstra Untuk Menentukan Lintasan Terpendek. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Tantra, R. (2012). Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Shalahuddin, M. Rosa A.S, (2016). RekayasaPerangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung, Informatika.

Abidin Bakti, Prasetyaningrum Ira, dan Karlita Tita. (2012). “Sistem Informasi Rumah Kos Online Berbasis Web dan Messaging”, Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. InstitutTeknologi Sepuluh Nopember.

Youssef Bassil, (2012), A Simulation Model forthe Waterfall Software Development Life Cycle. Internaional J. Eng. Technol., vol. 2, no. 5, p. 2.

Ameldi, Roni, dan Tengku Khairil Ahsyar.“Sistem Informasi Reservasi Lapangan FutsalBerbasis Android Pada Lapangan Futsal.” Jurnal

Ilmiah Rekayasa dan Manajemen SistemInformasi 4.1 (2018): 81-90.

Alfikri, Ivan, dan Tengku Khairil Ahsyar.“Media Pembelajaran Interaktif Seni OrigamiBerbasis Animasi Untuk Anak Tunagrahita

Sedang.” Jurnal Ilmiah Rekayasa danManajemen Sistem Informasi 3.2 (2017): 50-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.