IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY C-MEANS (FCM) DALAM PENGKLASTERISASIAN NILAI HIDUP PELANGGAN DENGAN MODEL LRFM

Lia Waroka, Siti Monalisa, Dewi Anjainah, Nur Arifin

Abstract


Pelanggan merupakan aset penting bagi suatu organsasi. Oleh karena itu harus dikelola dengan baik agar tidak hilang. Salah satu caranya yaitu dengan mencari nilai CLV atau nilai hidup pelanggan yang tujuannya untuk mengetahui kelompok-kelompok pelanggan yang memiliki nilai loyalitas dan profitabilitas yang tinggi yang akan mengungtungkan perusahaan. Segmentasi ini diawali dengan menganaliss data mentah (cleaning), dan kemudian ditranformasikan ke dalam LRFM (Length, Recency, Frequency dan Monetary). Lalu dilakukan normalisasi dengan range nilai 0-1. Setelah itu diklusterisasikan menggunakan algoritma Fuzzy C-Means (FCM) dan terakhir menghitung nilai CLV per kluster. Kluster dengan nilai CLV tertinggi yaitu kluster ke 1 dengan nilai 0,355. Diikuti dengan kluster ke 3 dengan nilai 0,314. Dan kluster dengan nilai CLV terendah yaitu kluster 2 dengan nilai 0,041 atau sama dengan di bawah nilai rata-rata CLV yaitu 0,236. Kluster dengan nilai CLV tertinggi dinilai menjadi kelompok pelanggan dengan loyalitas dan profitabilitas yang tinggi yang harus dipertahankan.

 


Full Text:

PDF

References


S. Monalisa, J. S. Informasi, U. Islam, N. Sultan, S. Kasim, and D. Index, “Klasterisasi Customer Model Lrfm Menggunakan Algoritma K-means Clustering Lifetime Value Based On Lrfm Model Using K-means Algoritim,” vol. 5, no. 2, pp. 247–252, 2018.

D. P. Dewi, P. Ir, A. Djunaidy, M. Sc, D. Ph, and R. Pradina, “Evaluasi dan Rekomendasi Peningkatan Nilai Perilaku Pembelian Pelanggan : Studi Kasus,” vol. 2, no. 1, 2013.

N. R. Syarif et al., “Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means Dan Metode Recency Frequency Monetary (RFM) Pada Aplikasi Data,” pp. 88–94.

R. Hidayat and B. Prakoso, “Pengaruh Customer Relationship Management ( CRM ) Berbasis Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Oyisam Clothing Malang,” pp. 34–42.

E. Yulianto, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang ),” vol. 46, no. 1, 2017.

W. Sanusi, A. Zaky, N. Afni, J. Matematika, F. Universitas, and N. Makassar, “Analisis Fuzzy C-Means dan Penerapannya Dalam Pengelompokan Kabupaten / Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Faktor- faktor Penyebab Gizi Buruk.”

F. E. Unisma, “Prodi manajemen,” vol. 00, no. 4, pp. 54–65.

I. P. E.- Issn, U. P. Batam, and J. R. S. Mukakuning, “Computer Based Information System Journal Rancang Bangun Customer Relationship Management Tukino,” vol. 01, pp. 12–22, 2018.

E. Rosinta and D. Hasibuan, “Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT . Buana Telekomindo,” vol. VII, no. 1, pp. 8–14, 2018.

A. K. D. A. N. Analisis, A. K. D. A. N. Analisis, Segmentasi Pelanggan Menggunakan Strategi Pemasaran Pada Klinik Customer Segmentation Using Som K-Means Algoritm, And Lrfm Analysis To Determine Marketing Strategy Clinic Sidoarjo. 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.