Analisa Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau)

Nurmaini Dalimunthe, Arabiatul Adawiyah, Tricia Karina

Abstract


Website badan kepegawaian daerah provinsi riau telah memanfaatkan website dalam pelayanan publik. Selama dipublikasikan masih terdapat masalah dari segi kualitas kegunaan seperti fitur pada menu bar tidak berfungsi dengan baik, dari kualitas informasi ditemukan adanya tampilan error pada masing-masing informasi mengenai badan kepegawaian daerah perkabupaten yang ada di provinsi riau dan dari kualitas interaksi pelayanan tidak adanya pemberitahuan kesalahan pada saat input data pada email. Dalam penelitian ini, kualitas website badan kepegawaian daerah provinsi riau diukur dengan menggunakan metode Webqual 4.0 dengan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa website ini sudah memuaskan pegawai, berdasarkan diterima dua hipotesis yang diajukan yaitu hipotesis kualitas kegunaan dan kualitas informasi dengan kontribusi variabel terhadap kepuasan sebesar 52,3%. Adapun hasil hipotesis dari penelitian ini adalah diterimanya atau berpengaruhnya dua variabel dari tiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kualitas kegunaan dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna. Diterimanya kedua variabel tersebut menandakan bahwa kualitas kegunaan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau sudah sesuai dengan yang diinginkan pegawai, seperti situs website mudah dipelajari, jelas, dan tepat dalam penyusunan tata letak informasi, dan kualitas informasi juga sudah sesuai dengan kepuasaan pegawai, seperti informasinya diberikan jelas, up to date, dan dalam format yang sesuai. Adapun satu hipotesis ditolak yaitu kualitas interaksi pelayanan menandakan bahwa pegawai belum merasa aman, tidak melindungi privasi pegawai, dan tidak yakin dengan informasi yang diberikan.

Kata kunci : regresi linear berganda, webqual 4.0, website


Full Text:

PDF

References


Abbas. Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Unuversitas Negeri Yogyakarta (UNY). Prosiding SNST ke-4 Tahun 2013.

Arifin, J. SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.2007.

Baiti, A. A., Suprapto, & Rachmadi, A.. Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA. Pengembangan teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 886-887 .2017.

Barnes, S. J., & Vidgen, R. T. An Integrative Approach To The Assessment Of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research, VOL. 3, NO. 3, Tahun 2001.

Diana, & Veronika, N. D. Analisis Kualitas Website Provinsi Bengkulu Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Pseudocode, Volume V Nomor 1, Februari 2018, ISSN 2355-5920, 10.

Ghozali, I. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. semarang: undip .2018.

Irawan, C. Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir). KNTIA, Tahun 2011.

Maslan, A. (n.d.). Pengukuran Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batam Menggunakan Metode Webqual 4.0. 2.

Rosania. pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Website Perpustakaan Universitas Riau Terhadap Kepuasan Pengguna. Jom FISIP UR, 2016.

Sanjaya, I. Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementrian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. volume 14, No. 1, Juni 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v5i2.7539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.