SISTEM MONITORING PIUTANG DAN INVENTORI BARANG DI PT. ANUGRAH CITRA PESTISINDO

Tengku Khairil Ahsyar, Abd Rahman

Abstract


PT. Anugrah Citra Pestisindo bergerak dalam bidang pemberi layanan yang terintegrasi dibidang jasa pemeliharaan kebersihan. Dalam transaksi bisnisnya, PT. Anugrah Citra Pestisindo menggunakan prinsip kerja dahulu sebelum menerima bayaran, hal ini biasa disebut piutang customer. Sedangkan untuk kegiatan pengerjaan jasanya, PT. Anugrah Citra Pestisindo memiliki gudang yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan alat-alat kerjanya. Permasalahan yang di hadapi PT. Anugrah Citra Pestisindo saat ini yaitu pada pengolahan data piutang dan data inventori pada PT. Anugrah Citra Pestisindo yang masih dilakukan secara manual, yaitu dengan menggunakan buku besar dan arsip yang dilakukan dengan penulisan tangan. Penggunaan barang gudang oleh teknisi lapangan sering kali hanya mencatat dikertas kecil dan ditempelkan di halaman dinding. Bagian gudang juga harus memeriksa satu-persatu lembaran data yang ada untuk mengetahui keberadaan barang yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem monitoring piutang dan inventori yang dapat mempermudah pihak perusahaan dalam mencatat, mendokumentasikan dan menjadikan data pada sistem ini untuk pengambilan keputusan kedepannya. Teknik perancangan sistem menggunakan metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) dan model Unified Modelling Languange (UML), teknik pengujian sistem menggunakan teknik User Acceptance Testing (UAT) dengan hasil 100% sistem berjalan dengan baik, dengan metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dan analisa sistem menggunakan metode PIECES. Hasil penelitian ini adalah sebuah sitem monitoring piutang dan inventori.

Full Text:

PDF

References


Rohayati, Mita. 2014. Membangun Sistem Informasi Monitoring Data Inventory Di Vio Hotel Indonesia. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). ISSN 2089-9033, Vol 1.

Aisyah, Euis Siti Nur dkk. 2015. Sistem Monitoring Pembayaran Piutang Customer Pada PT. LI. Prosiding Nasional Sistem dan Informatika. ISSN: 2460-8378.

Mudjahidin, dan Putra, Nyoman Dita Pahang Putra. 2010. Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web Studi Kasus di Dinas Bina Marga dan Pemantusan. Jurnal Teknik Industri, Vol. 11, No. 1.

Nugroho, Adi. 2010. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metode Berorientasi Objek. Informatika, Bandung.

Suhendar, A, dan Gunadi, H. 2002. Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational Rose.Informatika, Bandung.

Salahuddin, M, dan A.S, Rosa. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika, Bandung.

Raharjo, B. 2011. Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Informatika, Bandung.

Fadlisyah, A. 2008. Pemrograman Database Konsep dan Implementasi. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Zarnelly, dan Adelia, Della. 2014. Rancang Bangun Media Pelayanan Umum Desk Info Di Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru. Jurnal Informatika. ISSN 2502-8995, Vol.14, No.1.

Aprisa, dan Monalisa, Siti. 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Inti Pratama Semesta),” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. ISSN: 2460-8181, Vol. 1, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.