SISTEM INFORMASI PENGAMANAN SKCK MENGGUNAKAN BARCODE PADA DIT INTELKAM POLDA RIAU

Eki Saputra, Desi Fitri

Abstract


Dit Intelkam Polda Riau menyelenggarakan fungsi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yaitu pelayanan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Pengurusan SKCK ini dilakukan dengan mendatangi langsung kantor Dit Intelkam Polda Riau. Proses pembuatan SKCK pada Dit Intelkam Polda Riau, saat ini telah menggunakan database dalam penyimpanan datanya. Namun kelemahannya yaitu data lama pemohon akan hilang apabila belum dilakukannya perpanjangan oleh pemohon sebelum masa berlakunya habis. Hal ini disebabkan karena data lama yang tertimpa oleh data baru yang di-input-kan ke database.Selain itu SKCK yang lama juga tidak mempunyai sistem keamanan sehingga data SKCK tersebut dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Permohonan penerbitan SKCK pada Dit Intelkam Polda Riau bisa mencapai 200 penerbitan perharinya dengan kategori high section yaitu jumlah bagian dengan penerbitan tertinggi dalam satu hari. Sedangkan untuk pengurusan dalam pertahun dari Tahun 2016 pengurusan bisa mencapai sebanyak 30.000 lembar.Sistem ini menggunakan keamanan barcode, dimana barcode tersebut mempunyai informasi didalamnya yaitu: nama, nomor NIK, tujuan dan masa berlaku SKCK. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu System Development Life Cycle Model Waterfall yang menggunakan tiga buah diagram Unified Modeling Language (UML), yaitu: usecasediagram, activity diagram dan sequence diagramserta memanfaatkan penggunaan ERD dalam pembuatan database. Pembangunan sistem dilakukan menggunakan beberapa aplikasi pendukung yaitu: PHP dan MySQL,Sublime Text 3, Javascript, dan HTML.Hasil dari penelitian ini dapat memberikan keamanan terhadap data SKCK pemohon dan dapat mempermudah Admin Kepolisian Daerah dalam proses pembuatan surat SKCK

Full Text:

PDF

References


Hendrajati , A. (2013). Rekayasa Prangkat Lunak Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Pada Polrestabes Semarang. Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2013 , 1-11.

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Kepala Kepilisan Negara Republik Indonesia. Jakarta.

Sukrianto, D. (2017). Penerapan Teknologi Barcode Pada Pengolahan Data Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Jurnal Intra-Tech, 1-10.

Nugroho, A. (2005). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi Berorientasi Objek . Bandung: Informatika.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Nugroho, A. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.