PENENTUAN FAKTOR-FAKTOR PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM RESERVASI ONLINE PT. XYZ MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Rangga Arief Putra, Febi Nur Salisah, Inggih Permana

Abstract


PT. XYZ adalah perusahaan tour dan travel yang telah menggunakan sistem reservasi online (SRO) sejak tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan SRO menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Faktor yang dinilai adalah pengaruh dari perceived usefulness (PU) dan perceived ease of use (PEU) terhadap acceptance of IT (ACC). Penelitian ini melibatkan 68 responden. Metode statistik yang digunakan adalah Uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor PU dan PEU berpengaruh terhadap penerimaan sistem. Penelitian ini juga telah mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada faktor PU dan PEU, permasalahan yang terjadi adalah: (1) pengguna sistem belum paham cara penggunaan sistem; (2) fitur sistem yang kurang lengkap; (3) load sistem yang lambat; dan (4) seringnya terjadi error pada sistem.

Full Text:

PDF

References


Surachman, Arif. Analisis Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) Terpadu Versi 3 di Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2008.

Najwa, Nina Fadhila. Analisis Penerimaan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Menggunakan Metode TAM (Studi Kasus: Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau). [Skripsi] Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 2016.

Dalimunthe, Nurmaini., Meflinda, Astuti., Azmi, Syahrul. Analisis Pengaruh Faktor Kemudahan dan Manfaat Terhadap Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Studi Kasus: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar). Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. 2014; 12(1): 122-128

Sarja, Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari. Analisis Penerimaan Sistem Informasi Dosen Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). STMIK STIKOM Bali. 2014.

Fatmasari., Ariandi, Muhamad. Penerapan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penerimaan KRS Online (Studi Kasus: Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Bina Darma Palembang). Jurnal Ilmiah MATRIK. 2014; 16(2): 1-20.

Fatmawati, Endang. Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra’. 2015. 9(1): 1-13.

Devi, Ni Luh Nyoman Sherina., Suartana, Wayan Suartana. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi di Nusa Dua Beach Hotel & SPA. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 2014; 6(1): 167-184.

Widiatmika, I Made Agus Ana., Sensuse, Dana Indra. Pengembangan Model Penerimaan Teknologi Internet oleh Pelajar dengan Menggunakan Konsep Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sistem Informasi MTI-UI. 2008; 4(2): 81-92

Sayekti, Fran., Pulasna Putarta. Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. 2016; 9(3): 196-209.

Jogiyanto, HM. Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: Andi, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v4i2.5703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.