AUDIT SISTEM INFORMASI ABSENSI PADA PT SINAR PRATAMA AGUNG MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1

Michelle Angelia, Kristanto Kristanto, Yohanes Setevannus, Johanes Fernandes Andry

Abstract


PT. Sinar Pratama Agung merupakan perusahaan yang bergerak di bidang garment dan sepatu yang menerapkan suatu sistem informasi pada aspek kerjanya di perusahaan untuk meningkatkan kegiatan operasional kerja yaitu menggunakan alat yang terkomputerisasi yaitu fingerprint untuk mencatat daftar kehadiran setiap karyawan di perusahaan. Sistem yang digunakan harus mampu mengelola, menyampaikan dan menjaga keamanan informasi dengan baik. Maka, perlu dilakukan audit bertujuan untuk mengevaluasi tata kelola sistem informasi yang berjalan. Penelitian dilakukan mengikuti standar Kerangka Kerja COBIT 4.1 untuk tata kelola IT. Penelitian berfokus pada sub-domain AI4, DS1, DS4, DS5, DS10, dan ME2. Keenam sub-domain tersebut penting dibahas karena berkaitan dengan penilaian dari karyawan, perlengkapan, keamanan fisik, regulasi, dan sebagainya. Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Maturity level. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa DS5 berada pada level 3,09; DS4 dan DS10 berada pada level 3 (Defined Process); DS1 berada pada level 2,83; AI4 berada pada level 2,75 (Repeatable but Intuitive); sedangkan ME2 berada pada level 1,71 (Initial/ad Hoc). Nilai tertinggi berada pada DS5 (Ensure Systems Security) dengan nilai 3,09 dan nilai terendah pada ME2 (Monitor and Evaluate Internal Control) dengan nilai 1,71.

Full Text:

PDF

References


Rinawati dan P. Candrawati. Vol.7, No. 2, Desember 2013. Sistem Informasi Absensi Karyawan Pada Pt Harja Gunatama Lestari Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, Vol.7. 96-105.

R. K. Candra, I. Atastina dan Y. Firdaus. No.1 April 2015. Audit Teknologi Informasi menggunakan Framework COBIT 5 Pada Domain DSS (Delivery, Service, and Support) (Studi Kasus: iGracias Telkom University). e-Proceeding of Engineering: Vol.2.

Jelvino dan J. F. Andry. Nomor 2 Agustus 2017. Audit Sistem Informasi Absensi pada PT. Bank Central Asia Tbk menggunakan COBIT 4.1. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Volume 3.

G. Hardy. 2009. The Role of the IT Auditor in IT Governance. ISACA Jurnal 1.

H. Setiawan dan K. Mustofa. 2013. Metode Audit Tata Kelola Teknologi Informasi di Instansi Pemerintah Indonesia. IPTEK-KOM, Vol. 15 No. 1 Juni, pp.1-15, ISSN 1410 – 3346,

J. F. Andry. 2016. Audit Tata Kelola Ti Di Perusahaan (Studi Kasus XYZ Cargo). Seminar Nasional Teknologi Informasi.

Fitrianah, Devi, Sucahyo dan Yudho Giri. Audit Sistem Informasi/Teknologi Informasi dengan Kerangka Kerja COBIT untuk Evaluasi Manajemen Teknologi Informasi di Universitas XYZ. Jurnal Sistem Informasi MTI-UI, Volume 4, Nomor 1, ISBN 1412-8896.

T. Pradini dan J. F. Andry. 2018. Audit Sistem Informasi Front Office Pada World Hotel Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1. IKRAITH-INFORMATIKA, VOL. 2, NO. 1.

M. K. Tanugara. 2015. Perancangan Pedoman Audit Sistem Informasi Pada Industri Perhotelan dengan Studi Kasus Hotel Bintang 4 Berbasis Framework COBIT 4.1 menggunakan Domain Delivery and Support. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Aplikasi dan Pengembangan Teknologi Informasi, Surabaya: Universitas Ciputra Surabaya 2.Buyens, Jim, 2001. Web Database Development. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

I. S. Rozas dan D. A. R. Effendy. 2012. Mengukur Efektifitas Hasil Audit Teknologi Informasi Cobit 4.1 Berdasarkan Perspektif End User. JURANAL LINK VOL 17/No. 2/September.

Juliandarini dan S. Handayaningsih, S. 2013. Audit Sistem Informasi Pada Digilib Universitas XYZ Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.0. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Jurnal Sarjana Teknik Informatika e-ISSN: 2338-5197 Volume 1 Nomor 1, Juni.Budiawan, Tiyo. 2011. Mobile Tracking GPS (Global Positioning System) Melalui Media SMS (Short Message Service). [SKRIPSI] Universitas Diponegoro.

I R. Widayanti dan L. Purnamawati. 2013. Audit Sistem Informasi Pada Aplikasi Sistem Manajemen Pemeriksaan (Smp) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Forum Ilmiah Volume 10 Nomor 2, Mei.

Weber, Ron. 2000. Information System Control and Audit”, Printice Hall,, Inc. New Jersey.

A. S.Rintjap, Sherwin R.U.A, Sompie ST, MT dan Oktavian Lantang ST., MTI. 2014. Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Sidik Jari di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Manado. e-journal Teknik Elektro dan Komputer), ISSN: 2301-8402.

T. Pradini dan J. F. Andry. 2018. Audit Sistem Informasi Front Office Pada World Hotel Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1. IKRAITH-INFORMATIKA, VOL. 2, NO. 1.

M. K. Tanugara. 2015. Perancangan Pedoman Audit Sistem Informasi Pada Industri Perhotelan dengan Studi Kasus Hotel Bintang 4 Berbasis Framework COBIT 4.1 menggunakan Domain Delivery and Support. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Aplikasi dan Pengembangan Teknologi Informasi, Surabaya: Universitas Ciputra Surabaya 2.

Muthmainnah, S. Kom., M. Kom. 2015. Model Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi (It Governance) Pada Proses Pengelolaan Data Di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Techsi Vol. 6 No.1, April.

D. T. Yulianti dan M. C. Patria. 2011. Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Pada PT X Menggunakan Cobit Framework 4.1. Jurnal Sistem Informasi, Vol 6, No 1, Maret, pp. 15 – 33.

I. B. Sukmajaya dan J. F. Andry. 2017. Audit Sistem Informasi Pada Aplikasi Accurate Menggunakan Model Cobit Framework 4.1 (Studi Kasus: Pt. Setia Jaya Teknologi). Vol. 2.

Rajasa, A. 2015. Predicting the Intention to Re-Use on Accounting Application Software, The International Journal of Business & Management, Vol.3, No.8, p.207, August.

Andry, J.F. Christianto, K. 2018. Audit Menggunakan COBIT 4.1 dan COBIT 5 dengan Case Study. Yogyakarta: TEKNOSAIN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.