EVALUASI MANAJEMEN RESIKO TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5.0

Megawati Megawati, Ana Syntia

Abstract


PT. Pegadaian adalah lembaga keuangan bukan bank yang kegaiatannya memberikan kredit kepada masyarakat melalui gadai. Dalam hukum gadai, peminjam wajib menyerahkan barang (harta) kepada pegadaian sebagai Jaminan. Pegadaian juga memiliki hak untuk menjual atau melakukan lelang atas barang (harta) jaminan jika telah melalui batas waktu atau jatuh tempo pembayaran atau pelunasan. Pada bagian TI, PT.Pegadaian belum pernah melakukan evaluasi terhadap Sistem Informasi (SI) atau Teknologi Informasi (TI) yang telah diterapkan dari sisi kemajuan mencapai tujuan serta nilai tata kelola dan manajemen teknologi informasi. Sehingga sampai saat ini bagian TI PT. Pegadaian belum dapat mengetahui sejauh mana manfaat dan dampak yang diperoleh dari penerapan SI/TI tersebut terhadap progresivitas pencapaian tujuan dikaitkan dengan pengelolaan sistem informasi, apa yang menjadi kekurangan, serta apa tawaran solusinya. Sehingga diperlukannya evaluasi terhadap manajemen risiko yang terjadi pada PT. Pegadaian. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan COBIT framework versi 5.0. Fokus domain COBIT yang digunakan pada penelitian ini adalah EDM.03 Evaluate, Direct dan Monitor. Hasil akhir dari laporan ini berupa nilai kapabilitas serta rekomendasi untuk pencapaian tingkat kapabilitas terkait proses Evaluate, Direct, dan Monitor.

Full Text:

PDF

References


Fitri, Ai Dila. 2015. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pada Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Berdasarkan Kerangka Kerja COBIT 5. [Skripsi] Program Studi Informasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Branikno, Ramadhan. 2018. Analisa Proses Monitoring, Evaluasi dan Penilaian Pengendalian Internal Sistem Informasi E-KTP Menggunakan COBIT 5.0 (Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai). [Skripsi] Program Studi Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

ISACA. 2013. COBIT 5 for Risk.

Firdaus, Nurfitri Zukhrufatul., Suprapto. 2018. Evaluasi Manajemen Risiko Teknologi Informasi Menggunakan COBIT 5 IT Risk (Studi Kasus: PT. Petrokimia Gresik). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2(1): 91-100.

ISACA. 2014. COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT, 2013. ISACA ISBN 1963669381.

ISACA. 2012. COBIT 5: The Risk IT Practitioner Guide

Arief, M. Habibullah., Suprapto., 2018. Evaluasi Manajemen Risiko Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 (Studi Kasus Pada Perum Jasa Tirta I Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2(1): 101-109.

ISACA. 2012. COBIT 5: Enabling processes.

ISACA. 2013. COBIT Self Assessment Guide: Using COBIT 5. USA: ISACA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.