SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PESERTA PELATIHAN BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Zarnelly Zarnelly, Nazarudin Yusuf

Abstract


Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) merupakan instansi penyelenggara program kegiatan pelatihan bagi para pencari kerja. Pada penyelenggaraannya, Disnaker bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) yang berada di kota Pekanbaru. Selama mengikuti program pelatihan, peserta diberi uji kompetensi oleh LPKS tempat peserta melaksanakan program pelatihan sebagai penilaian untuk mengukur kemampuan peserta pelatihan. Peserta yang mendapatkan nilai terbaik  akan diberikan reward berupa sertifikat penghargaan dan dipromosikan ke Perusahaan yang membutuhkankan oleh Disnaker. Dalam melakukan perankingan, pihak dinas mengalami kesulitan dalam menentukan peserta berprestasi disebabkan adanya jumlah nilai yang sama. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) penentuan peserta pelatihan berprestasi menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Teknik perancangan sistem menggunakan metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) dan Tools Unified Modelling Language (UML). Teknik pengujian sistem menggunakan teknik Black Box testing, User Acceptance Test (UAT) dan perhitungan metode SAW secara manual. Hasil penelitian ini berupa SPK penentuan peserta pelatihan berprestasi, sehingga  dapat merekomendasikan dan membantu Disnaker dalam meranking nilai peserta pelatihan berprestasi dan mengelola data program pelatihan.

Full Text:

PDF

References


Ardhi Bagus Primahudi, F. A. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Karyawan Dengan Metode Sample Additive Weighting. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 58-63. 2016

Efraim Turban. Decision Support Systems and Intelligent Systems. Andi Offset. Yogyakarta. 2005.

Usito, N. J. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode SAW. [Tesis] Pascasarjana. Semarang. 2013.

Naibaho, H. Analisis Pengaruh Rekrutmen dan Seleksi Teerhadap Kinerja Karyawan di Indonesia. Jurnal EKSEKUTIF, 583-596. 2016.

Afriza, Y. Perbandingan Penerapan Algoritma Multi-Atribute Decision Making grup untuk perangkingan wilayah penghasil kelapa Sawit di Provinsi Riau. Uin Suska Riau. Pekanbaru. 2016.

Sibero, A. F. WEB Programming Power Pack. Mediakom. Yogyakarta. 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v4i1.5639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.