PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI ATURAN ASOSIASI PADA DATA PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN

Esis Srikanti, Rizka Fitri Yansi, Norhavina Norhavina, Inggih Permana, Febi Nur Salisah

Abstract


Perpustakaan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau memiliki banyak data transaksi peminjaman buku. Selama ini data tersebut hanya disimpan begitu saja. Padahal jika data tersebut diolah dengan metode tertentu, maka data tersebut akan menghasilkan informasi yang lebih bermanfaat. Oleh sebab itu, paper ini mengolah data transaksi peminjaman buku perpustakaan FST UIN SUSKA Riau dengan menggunakan Algoritma Apriori untuk mencari aturan asosiasi yang ada pada data tersebut. Berdasarkan hasil penerapan Algoritma Apriori, dapat disimpulkan bahwa jika mahasiswa meminjam buku dengan kategori manajemen proyek atau kategori sistem pakar, maka mahasiswa tersebut juga akan meminjam buku dengan kategori pemrograman. Aturan ini dapat digunakan pihak perpustakaan FST UIN SUSKA Riau untuk mengatur tata letak buku dan rekomendasi peminjaman buku bagi mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Agrawal, Rakesh., Srikant, Ramakrishnan. 1994. Fast Algorithms for Mining Association Rules. Dalam Prosiding 20th Int. conf. Very Large Data Bases, VLDB. 1215.

Anas, Azwar. 2016. Analisa Algorithma Apriori untuk Mendapatkan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan SMPN 3 Batanghari. Jurnal Ilmiah Media SISFO. 10(2): 628-641.

Lingga, Domma. 2016. Penerapan Algoritma Apriori dalam Memprediksi Persediaan Buku pada Perpustakaan SMA Dwi Tunggal Tanjung Morawa. Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah. 11(1): 18-22.

Yanto, Robi., Kesuma, Hendra Di. 2017. Pemanfaatan Data Mining untuk Penempatan Buku di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule. Jatisi. 4(1): 1-10.

Sholik, Moh., Salam, Abu. 2018. Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas Implementation of Apriori Algorithm to Find Items Association That Sold at OrderMas E-commerce. Techno.COM. 17(2): 158-170.

Yanto, Robi., Khoiriah, Riri. 2015. Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Citec Journal. 2(2): 102-113.

Silalahi, Natalia. 2016. Penerapan Association Rule Dengan Algoritma Apriori untuk Menemukan Pola Data Penjualan Accessories Handphone. Jurnal Ilmiah INFOTEK. 1(1): 114-123.

Setianingsih, Dewi., Hakim, RB Fajriya. 2015. Penerapan Data Mining dalam Analisis Kejadian Tanah Longsor di Indonesia dengan Menggunakan Association Rule Algoritma Apriori. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS. 731-741.

Waruwu, Fince Tinus., Buulolo, Efori., Ndruru, Eferoni. 2017. Implementasi Algoritma Apriori pada Analisa Pola Data Penyakit Manusia yang Disebabkan oleh Rokok. Dalam KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer). 1(1): 176-182.

Han, Jiawei., Kamber, Micheline., Pei, Jian. 2011. Data Mining: Concepts and Techniques. Elsevier.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v4i1.5604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.