ANALISIS VISUALISASI DAN PEMETAAN DATA TANAMAN PADI DI INDONESIA MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER BI

Ridho Darman

Abstract


Tanaman padi merupakan tanaman yang paling penting karena merupakan sumber makanan pokok masyarakat Indonesia. Pertumbuhan penduduk di Indonesia dan diikuti dengan tingkat produksi padi yang tidak merata tentu menjadi masalah serius bagi Indonesia dalam mencukupi kebutuhan pangan nasional. Informasi kebijakan pemerintah dalam pengembangan komoditas padi sangatlah penting karena komoditas ini memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas kebutuhan pangan nasional. Badan Pusat Statistik adalah lembaga yang memiliki berbagai data sensus dan survei dalam ukuran yang sangat besar. Agar data tersebut dapat diolah menjadi informasi yang lebih bernilai dibutuhkan sebuah aplikasi business intelligence yang dapat memvisualisasikan data-data tersebut sehingga dapat menampilkan informasi daerah dengan produksi dan produktivitas padi yang tinggi maupun yang rendah. Pengelompokan data ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi mengenai produksi dan produktivitas tanaman padi di setiap daerah di Indonesia sehingga dapat menjadi acuan bagi Kementerian Pertanian dalam perumusan dan penetapan kebijakan di bidang penyediaan prasarana dan sarana pertanian, peningkatan produksi padi dan pertanian lainnya. Pada penelitian ini digunakan salah satu business intelligence software untuk dapat mengelompokkan data tanaman padi serta visualisasinya dalam bentuk informasi grafik dan peta kartogram area dengan metode Online Analytical Processing (OLAP).

Full Text:

PDF

References


[BPS] Badan Pusat Statistik, Tentang BPS. https://www.bps.go.id/menu/1/sejarah.html. Diakses pada tanggal 05 Juni 2018.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik.

Harini R, Yunus HS, dan Hartono S. 2014. Analisis Spasial Sikap Petani Dalam Mempertahankan Tanah Pertanian Di Kabupaten Sleman, Indonesia. Geogr. Online Malaysia J. Soc. Sp., vol. 10, no. 2, pp. 154–167.

Kolifah, Nugroho B, dan Hidayah M. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingginya Cakupan Akseptor Kb Memilih Metode Kb Suntik 3 Bulan Di Desa Cupak Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. J. Metab., vol. 2, no. 2.

Mustajab M. 2017. Komparasi Usahatani Padi Organik Di Desa Wijirejo Dan Kebonagung Kabupaten Bantul. Geo Edusia, vol. 2, no. 1, pp. 1–19.

Putri AF, Raharjo ST, dan Irfan M. 2016 Pelayanan Advokasi Penghasil Pangan Skala Kecil oleh Oxfam Indonesia.

Amri S, Ikhbar S, dan Mujiburrahman. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Output Sektor. Seminar Nasional Kemaritiman Aceh, vol. 1, pp. 393-401.

Dermoredjo SK. 2016. Analisis Kebijakan Pengembangan Padi, Jagung, dan Kedelai Di Indonesia Dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Asean. Anal. Kebijak. Pertan., vol. 12, no. 1, pp. 51–68.

Zainal IR. 2013. Evaluasi Kesesuaian Lahan Kualitatif Dan Kuantitatif Tanaman Padi Tadah Hujan (Oryza Sativa L.) Pada Lahan Kelmpok Tani Karya Subur Di Desa Pesawaran Indah Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Universitas Lampung.

Mahardika IGWD. 2016. Perbandingan Pendapatan Petani Padi yang Menggunakan Sarana Produksi Pupuk Sesuai dan Tidak Sesuai Anjuran Pemerintah (Studi Kasus Subak Gede Sukawati, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar). Universitas Udayana.

Dona RLR. 2016. Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Di Indoneisa Tahun 2009-2013. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sucipto EI. 2013. Analisis Produksi Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Universitas Lampung.

Hendrawan SA, Isnanto RR, dan Pertiwi I. 2015. Aplikasi Visualisasi 3D Pada Struktur Sistem Rangka Manusia Berbasis Android. J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 426–435.

Erdiansyah MZ dan Raharjana IK. 2016. Visualisasi Data Menggunakan Sistem Informasi Geografis untuk Potensi Bank Sampah di Surabaya. J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 2, no. 1, pp. 40–49.

Hakam DPE dan Atletiko FJ. 2018. Rancang Bangun Visualisasi Usulan Penduduk Kota Surabaya Pada Situs Monvis-Musrenbang Surabaya. J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, p. 118.

Siswanto IA. 2016. Aplikasi Visualisasi Data Mahasiswa dan Dosen Dengan Memanfaatkan Hightchart. J. Manaj. Informasi, vol. 5, no. 2, pp. 93–98.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. .

Hidayat W. 2014. Visualisasi Data Jumlah Penduduk Dalam Bentuk Kartogram (Studi Kasus Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Universitas Gajah Mada.

Microsoft, Power BI | Interactive Data Visualization BI Tools. https://powerbi. microsoft.com/en-us/. Diakses pada tanggal 06 Juni 2018.

Microsoft. Tips and Tricks for Power BI Map visualizations. https://docs.microsoft.com/en-us/power-bi/power-bi-map-tips-and-tricks. Diakses pada tanggal 07 Juni 2018.

Listiyoko L, Ardi RA, Maksum A, S. Informasi, dan M. T. Informatika. Implementasi Live Dashboard Dalam Pengembangan Business Intelligence Pada E-Learning STMIK Muhammadiyah Banten. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 145–150.

Roihan A dan Maksum A. 2018. Konsep Data Mart Dalam Implementasi Sistem Job Fair Menggunakan Metode Online Analytical Processing Pada Dinas Tenaga Kerja. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 61–66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.