ANALISIS KUALITAS LAYANAN OPAC TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL

Angraini Angraini, Novi Hermaini

Abstract


Universitas Riau merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri yang bergerak di bidang jasa pelayanan pendidikan. Perpustakaan Universitas Riau telah menerapkan layanan Online Public Access Catalog (OPAC) pada tahun 2012. Dalam prakteknya, masih terdapat kesalahan dan keluhan dalam penerapan layanan OPAC. Oleh karena itu untuk mengetahui kebenaran masalah tersebut maka perlu dilakukan pengukuran kualitas layanan OPAC menggunakan metode e-Servqual berdasarkan tujuh dimensi yang ada pada e-Servqual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan OPAC berdasarkan kepuasan mahasiswa dan untuk mengetahui atribut mana yang mendapat prioritas utama dalam perbaikan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang menggunakan OPAC pada perpustakaan Universitas Riau yang di ambil sampel berjumlah 375 orang. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis perhitungan e-Servqual, CSI, dan analisis faktor. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner dan dikembangkan mengikuti metode e-Servqual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan OPAC pada perpustakaan Universitas Riau tidak memuaskan dengan hasil perhitungan nilai e-Servqual yang bernilai negatif, yaitu sebesar -0,773. Hal ini menunjukan pengguna OPAC pada perpustakaan UR belum puas dengan layanan yang diberikan.

Full Text:

PDF

References


Ridwan, Taufiq. “Kajian Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon”. [Tesis]. Universitas Indonesia. 2011.

Tjiptono, Fandy. “Service Management Mewujudkan Layanan Prima”. Andi, Yogyakarta. 2008

Astuti, Dewi dan Salisah, Febi Nur. 2016. Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. 2(1): ---

Chopipah O, Fifip. “Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Klikbca Terhadap Kepuasan Nasabah”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.2013

Isnan, Muhammad Ariefian Jogiyanto. “Analisis dan Desain Sistem Informasi (Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis”. Andi, Yogyakarta. 1999.

Yamit, Zulian. “Manajemen Kualitas Produk dan Jasa”. Ekonesia, Yogyakarta. 2002.

Tjiptono, Fandi., dan Gregorius Chandra. “Service, Quality, & Satisfaction”. Edisi 3. Andi, Yogyakarta. 2011.

A. Parasuraman, V. A. Zeithaml, and A. Malhotra, “E-S-QUAL a multiple-item scale for assessing electronic service quality,” J. Serv. Res., vol. 7, no. 3, pp. 213–233, 2005.

Ndendo Roland Tanggu, dkk. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan PSMA On-line pada Universitas Gunadarma”. Jurnal Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek, & Sipil) Vol.2 Agustus 2007 ISSN : 1858-2559.

Hasugian, Jonner. “Katalog Perpustakaan Dari Katalog Manual Sampai Katalog Online”. USU Digital Library. 2003.

Ridwan, Taufiq. “Kajian Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon”. Tesis. Universitas Indonesia. 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.