APLIKASI PEMETAAN PENYEBARAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI PEKANBARU BERBASIS ANDROID

Idria Maita, Nurhikmah Nurhikmah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang sistem informasi Industri Kecil Menengah (IKM) berbasis android. IKM merupakan sektor yang memiliki berbagai peran penting dalam perekonomian yang pendirinya berdasarkan inisiatif seseorang. Kota Pekanbaru tentu banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun yang dari luar, baik untuk mengurus berbagai hal maupun untuk berwisata. Dengan demikian, banyak masyarakat yang mendirikan usaha kecil maupun menengah untuk menjadi mata pencariannya, apalagi mengingat Kota Pekanbaru banyak di kunjungi oleh wisatawan asing. Informasi mengenai penyebaran IKM di Kota Pekanbaru yang beredar masih sangat sedikit dan tidak lengkap. Selain itu, masyarakat IKM juga mengalami kesulitan dalam melihat perkembangan usaha mereka. Di kota Pekanbaru terdapat sebanyak 352 unit IKM pada tahun 2013 hingga tahun 2015 yang tersebar di 12 kecamatan seperti kerajinan, logam dan elektronik, kimia dan bahan bangunan, pangan, dan sandang. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Object Oriented Analysis and Design (OOAD) sebagai pendekatan pengembangan sistem. Model yang digunakan adalah empat buah diagram Unified Modeling Language (UML), yaitu: (1) usecase diagram; (2) activity diagram; (3) sequence diagram; dan (4) class diagram. Aplikasi penyebaran ini dibangun menggunakan JQuery Mobile serta memanfaatkan android studio yang merupakan sebuah tool untuk membuat aplikasi android sehingga dapat diakses dengan menggunakan smartphone, tablet, maupun desktop. Penggunaan android memberikan solusi bagi para pengguna untuk melakukan pelaporan perkembangan dan melihat persebaran IKM di Kota Pekanbaru secara online. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan informasi tentang berbagai macam IKM beserta data lokasi persebaran IKM di Kota Pekanbaru secara cepat, detil, dan mudah serta memberi kemudahan pemilik IKM untuk melaporkan setiap perkembangan IKM berdasarkan omzet yang diperoleh.

Full Text:

PDF

References


Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru. 2017. Data Industri Kecil dan Menengah.

Minarni dan Delfia. 2016. Sistem Informasi Geografis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kota Padang Berbasis Web. Jurnal Momentum. 1-10.

Badan Pusat Statistik. 2013. Industri Besar dan Sedang. 2013. https://www.bps.go.id/subjek/ view/id/9. [Diakses pada tanggal 20 Oktober 2017].

Hasibuan, Safaat Nazaruddin. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile dan Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung: Informatika.

Android Studio Overview. Available: http://developer.android.com/tools/studio/index.html/. [Diakses 20 Oktober 2017].

Highchart. Available from:http://highchart.com [Diakses 20 Oktober 2017]

Mithapelli, N., Chavan, S dan Kumari, J. 2016. Alumni Tracking Using Google Map API and Social Media based on GPS and LBS. IJESC. 1-7.

Garude, M dan Haldikar, N. 2014. Real Time Position Tracking System Using Google Maps API V3. International Journal of Scientific and Research Publications. 1-4.

Utama, W. P., Ernawati dan Andreswari, D. 2015. Aplikasi Sebaran Objek Wisata di Kota Bengkulu berbasis Android. Jurnal Rekursif. 1-10.

Sholid. 2006. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML, edisi pertama. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.