ANALISA KESUKSESAN PENERAPAN SISTEM PERHOTELAN DENGAN PENDEKATAN MODEL DELONE AND MCLEAN

Anggia Anfina, Febi Nur Salisah, Inggih Permana

Abstract


Hotel XYZ Pekanbaru memiliki sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan pelayanan sirkulasi, seperti: meng-input data tamu, mengecek kamar yang kosong, melakukan transaksi administrasi dengan tamu hotel, rekap laporan, penyimpanan rekaman data tamu hotel, dan transaksi pelanggan restoran. Sistem tersebut telah digunakan selama enam tahun saat studi ini dilakukan. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui tingkat kesuksesan penerapan sistem perhotelan tersebut dan variabel mana yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna. Studi ini menggunakan empat buah variabel dari metode Delone and Mclean, yaitu: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, dan kepuasan pengguna. Jumlah responden yang digunakan pada studi ini adalah 35 orang. Hasil studi ini menunjukkan bahwa tingkat kesuksesan dari penerapan tersebut adalah sebesar 31,1%, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem tersebut perlu diperbaiki. Pengguna menilai sistem tersebut kurang handal dan kurang memiliki kecepatan akses yang baik. Beberapa data dan informasi pada sistem tersebut ada yang kurang tepat dan kurang akurat. Variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan adalah variabel kualitas layanan.

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto. 2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Ofset.

Yuliana, Ana., Riyadi., Yuniarto, Saiful Rahman. 2016. Analisa Kesuksesan Sistem Informasi Perhotelan Dengan Pendekatan Model Delone and Mclane (Studi pada Karyawan Hotel Aria Gajayana Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 34(1): 73-78.

Purwaningsih, Susanti. 2010. Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Pada Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online Pada PT. Jamsostek PERSERO. Jurnal Ilmiah ASET. 12(2): 181-189.

Tan, Djuhono., Suyatno., Aliyah., Siti. 2015. Pengujian Kesuksesan Sistem Informasi Model Delone dan Mclean pada Sektor Publik. Dalam University Research Colloquium. Prosiding seminar hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). LPPM UMS bekerjasama dengan Konsorsium LPPM PTM di wilayah Jawa Tengah dan Jogjakarta. 111-122.

Jumardi, Rio., Nugroho, Eko., Hidayah, Indriana. 2015. Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Skripsi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran" Yogyakarta. Dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). 1(1): 7-13

Muharor, Lalu Afghan., Busaini., Fitriah, Nur. 2015. Determinan Kesuksesan Aplikasi SIA Komdanas pada Satuan Kerja di Koordinator Wilayah Pengadilan Mataram. InFestasi. 11(2): 151-170.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.