IMPLEMENTASI METODE SMARTER UNTUK REKOMENDASI PEMILIHAN LOKASI PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI PEKANBARU

Muhammad Anang Ramadhan, Celsa Bella, Mustakim Mustakim, Rizki Handinata, Aenu Niam

Abstract


Dalam pemilihan lokasi pembangunan perumahan pihak developer mengalami permasalahan dikarenakan belum adanya sistem terkomputerisasi yang bisa mendukung pengambilan sebuah keputusan. Untuk itu perlu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) untuk membantu dalam menentukan lokasi yang akan dipilih oleh developer dengan implementasi metode Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Ranks (SMARTER) dan menggunakan pembobotan Rank Order Centroid (ROC). Metode SMARTER merupakan merupakan metode pengambilan keputusan multi kriteria dan pengembangan dari metode SMART dalam hal pembobotannya. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya ketersediaan tanah, harga tanah, jaringan listrik dan air, fisik dasar tanah dan lokasi. Hasil perangkingan dengan menggunakan perhitungan metode SMARTER dan teknik ROC diperoleh alternatif terbaik setelah diurutkan yaitu Kulim dengan nilai (0.2812), selajutnya Arengka (0.2424), Sidomulyo (0.2417), Panam (0.2245) dan yang terakhir Kubang Raya (0.2163). Dengan adanya SPK ini diharapkan dapat membantu pihak developer dalam mengambil keputusan secara terkomputerisasi dalam pemilihan lokasi pembangunan perumahan selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


BPS 2016. Jumlah Penduduk Riau. Diakses Mei 2017

BPS Riau 2015. Persentase Kepemilikan Rumah di Riau. Diakses April 2017

Mustakim. 2011. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pembangunan Perumahan Menggunakan Metode AHP dan Metode The Satisfaicing Models”.

Yunita, M.Cs. Implementasi Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Ranks (SMARTER) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Perumahan. Teknik Informatika Fasilkom UNSRI

Edwards, W. and Barron, F.H. (1994) SMARTs and SMARTER; Improved Simple Methods for Multiattribute Utility Measurement. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 60, 306-325.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.