ANALISIS KESUKSESAN PENERAPAN SISTEM ADMINISTRASI AKADEMIK MENGGUNAKAN HUMAN ORGANIZATION TECHNOLOGY FIT MODEL

Siti Monalisa, Presdi Ponti Anggara, Fitra Kurnia

Abstract


Sistem Administrasi Akademik (SIMAK) adalah nama dari sistem informasi yang digunakan untuk kegiatan akademik pada Universitas Abdurrab. Pada penerapannya masih terdapat kendala yaitu tidak semua dosen yang menggunakan SIMAK, belum meratanya pelatihan tentang SIMAK, dan terdapat matakuliah yang memiliki kode yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesuksesan penerapan SIMAK, mengetahui hubungan antara faktor-faktor kesuksesan dan memberikan usulan atas hasil analisis. Dalam menyelesaikan kendala tersebut maka dilakukanlah analisis dengan menggunakan HOT-Fit Model. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, penentuan skor untuk item-item pernyataan tersebut terhadap masalah yang diteliti menggunakan scala likert 4. Hasil pengujian hipotesis dari semua variabel diperoleh fakta bahwa yang mempengaruhi kesuksesan SIMAK adalah kualitas sistem 2,184 kualitas informasi 2,138 kualitas layanan 2,484 memiliki pengaruh terhadap penggunaan sistem. Kualitas sistem 2,742 dan struktur organisasi 4,922 memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penggunaan sistem 3,009 dan struktur organisasi 2,132 memiliki pengaruh terhadap net benefit. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SIMAK belum sepenuhnya berhasil, karena dalam HOT-Fit, kesuksesan penerapan SIMAK pada Universitas Abdurrab Pekanbaru berada dalam tingkat 40,2% dan termasuk dalam kategori lemah atau tidak berhasil.

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto, H.M. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: Andi. 2005.

Yusof, MM., Ray, J Paul dan Lampros, K Stergioulas. Towards a Framework Health for Information System Evaluation. 2006.

Yamin, Sofyan dan Kurniawan, Heri. Structural Equation Modelling: belajar lebih mudah teknik analisisi data kuesioner dengan Lisrel-PLS. Salemba Infotek. 2009.

Ghozali, Imam. Structural equation modeling metode alternative dengan partial least square (PLS). Semarang: Universitas Diponegoro. 2014.

Ulum, Miftahul dkk. Analisis Structural Equation Modeliing (SEM) untuk sampel kecil dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Seminar Nasional Matematika. Universitas Jember. 2014

Kodarisman, Raden. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Di Pemerintah Kota Bogor. Jnteti. 2(2). 2013.

Krisbiantoro, dkk. Evaluasi Keberhasilan Implementasi Sistem Informasi Dengan Pendekatan Hot Fit Model (Studi Kasus: Perpustakaan Stmik Amikom Purwokerto). Konferensi Nasional Sistem dan Informatika 2015 Stmik Stikom Bali. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.