PENGARUH TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI TERHADAP KINERJA INDIVIDU PENGGUNA APLIKASI SISTEM ABSENSI ONLINE DI STMIK STIKOM BALI

Satria Wijaya

Abstract


Tingkat kepuasan pengguna sistem absensi online adalah salah satu parameter yang banyak dipakai untuk menilai kesuksesan implementasi sistem absensi online pada suatu organisasi. Sedangkan kinerja pengguna sistem absensi online merupakan faktor kunci dalam mengembangkan potensi individu secara efektif dan efisien karena adanya kebijakan atau program yang lebih baik atas sumber daya manusia yang ada di dalam suatu organisasi dan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan organisasi secara keseluruhan. Berdasarkan penelitian terdahulu yang dibuat penulis yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna aplikasi sistem absensi online di STMIK STIKOM Bali, penelitian ini akan dikembangkan kembali oleh penulis dengan meneliti hubungan antara tingkat kepuasan pengguna dan kinerja pengguna aplikasi sistem absensi online di STMIK STIKOM Bali. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh tingkat kepuasan pengguna dengan kinerja individu pengguna aplikasi sistem absensi online di STMIK STIKOM Bali. Pengukuran pengaruh tingkat kepuasan terhadap kinerja individu pengguna aplikasi dengan cara menyebarkan kuisioner yang akan diisi oleh dosen pengajar STMIK STIKOM bali dengan menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Variabel independen dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan pengguna dan variabel dependennya adalah kinerja individu pengguna sistem absensi online. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa variabilitas variabel dependen (kinerja individu pengguna sistem absensi online) yang dapat dijelaskan oleh variabilitas variabel independen (tingkat kepuasan pengguna sistem absensi online) adalah sebesar 67,9%. Sedangkan sisanya sebesar 32,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi. Tingkat kepuasan pengguna sistem absensi online berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja individu pengguna sistem absensi online.

Full Text:

PDF

References


Widodo, T.W., Handayani, S.R., dan Saifi, M. 2013. Pengaruh Aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Profit. 7(1): 87-100

Kartajaya, Hermawan. 2006. Hermawan Kartajaya on Service. Bandung: Mizan

Petter, S., DeLone, W., dan McLean, E. 2008. Measuring information systems success: models, dimensions, measures, and interrelationships. European Journal of Information Systems, 17: 236-263.

Kotler, P., dan Keller, L.K. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Istianingsih dan Utami, Wiwik. 2009. Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem Informasi terhadap Kinerja Individu. Dalam Simposium Nasional Akuntansi XII.

Mangkunegara, A.P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.