PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN LAPISAN PERMUKAAN BUMI BERBASIS 3D

M. Afdal, Muhammad Irsyad, Febi Yanto

Abstract


Pemanfaatan Teknologi Informasi pada bahan ajar untuk siswa dinilai sangat membantu dalam memberikan materi pelajaran geografi lapisan permukaan bumi yang bersifat abstrak, karena perangkat ajar berbasis multimedia dapat mendukung sistem pembelajaran di sekolah yang cenderung mengunakan metode ceramah (konvensional). Untuk mempermudah pemahaman dalam materi lapisan permukaan bumi tersebut, dirancang sebuah Buku ARLitosfer yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Selain mampu menggabungkan objek virtual dengan realita sebenarnya, teknologi AR memungkinkan pengguna melakukan interaksi 3 dimensi secara langsung sehingga lebih mampu memberikan kesan tersendiri pada pengguna. Buku ARLitosfer merupakan buku fisik biasa, namun dalam beberapa halamannya terdapat marker yang digunakan untuk objek virtual yang ingin ditampilkan berupa objek 3D, kemudian ditambahkan dalam penggabungan animasi, audio dan video pada interface multimedia pembelajaran. Telah dilakukan pengujian terhadap sejumlah responden untuk mengetahui ketepatan dalam materi dan kemudahan dalam pengunaan aplikasi ARLitosfer ini, hasilnya 81.87% presentase yang diinterpretasikan dalam kategori sangat setuju diberikan oleh guru bidang studi geografi dan 76.25% presentase yang diinterpretasikan dalam kategori sangat setuju diberikan oleh siswa.

Full Text:

PDF

References


Mubarikah, HR. 2010. Perancangan dan Implementasi Interaksi Untuk Media Pembelajaran Manasik Berbasis Teknologi Augmented Reality. Thesis. Bandung, Indonesia: Institut Teknologi Bandung.

Spies, R., Ablaßmeier, M., Bubb, H dan Hamberger, W. 2009. “Augmented interaction and visualization in the automotive domain,” in Human-Computer Interaction. Ambient, Ubiquitous and Intelligent Interaction, ser. Lecture Notes in Computer Science, J. Jacko, Ed. Springer Berlin Heidelberg, vol. 5612, pp. 211–220.

J. Carmigniani, B. Furht, M. Anisetti, P. Ceravolo, E. Damiani, and M. Ivkovic. 2011. Augmented reality technologies, systems and applications, Multimedia Tools and Applications, vol. 51, no. 1, pp.341–377.

J.-H. Chen, W.-Y. Chen, and C.-H. Chen. 2014.“Identification recovery scheme using quick response (qr) code and watermarking technique.” Applied Mathematics & Information Sciences, vol. 8, no. 2.

L. F. Johnson, A. Levine, R. S. Smith, and K. Haywood. 2010.“Key emerging technologies for elementary and secondary education.” Tech Directions, vol. 70, no. 3, pp. 33–34.

Billinghurst, M.et,al. 2002. The MagicBook: A Transitional AR Interface, Human Interface Technology Laboratory University of Washington.

Rahmat, Berki. 2011. Analisa dan Perancangan sistem Pengenalan Bangun Ruang Mengunakan Augmented Reality. Skripsi. Medan,Indonesia: Universitas Sumatera Utara.

Suyanto. M. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hartono. 2009. Geografi: Jelajahi Bumi dan Alam. Jakarta: CV.Citra Praya.

Billinghurst, M., Kim, G. 2007. Interaction Design for Tangible Augmented Reality Applications, Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design, Idea Group Inc, hal 261- 279.

Bowman, D., et al. 2001. An introduction to 3D user interface design, Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 10(1), hal 96-108.

Azuma, R.T. A survey of augmented reality, Presence: Teleoperators and Virtual Environments, vol. 6, no. 4, pp. 355-385.

R. T. Azuma et al., . “A survey of augmented reality,” Presence, vol. 6, no. 4, pp. 355–385, 1997.

R. Azuma, Y. Baillot, R. Behringer, S. Feiner, S. Julier, and B. MacIntyre, 2001. “Recent advances in augmented reality,” Computer Graphics and Applications, IEEE, vol. 21, no. 6, pp. 34–47.

O. Bimber and R. Raskar. 2005. Spatial Augmented Reality: Merging Real and Virtual Worlds. A K Peters.

Hendratman, Hendi. 2011. The Magic Of 3D Studio Max. Bandung: Informatika.

Ahmad, Usman. 2005. Pengolahan Citra Digital & Teknik Pemrogramanya, Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.