USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN NASABAH BANK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KANO

Vera Devani, Ryan Ardiman

Abstract


Tingginya tingkat ketidakpuasan nasabah menuntut Bank Riau Kepri Kedai Pasar Sail untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan dan menentukan usulan perbaikan pelayanan terhadap nasabah Bank Riau Kepri Kedai Pasar Sail. Model Kano adalah model yang dapat digunakan untuk memetakan preferensi pelanggan dalam memahami atribut-atribut pelayanan yang diharapkan dan dipilih oleh pelanggan dalam memperoleh kepuasan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 96 nasabah yang menggunakan jasa pelayanan di Bank Riau Kepri Kedai Pasar Sail dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kategori yang perlu diperhatikan kualitas pelayanannya yaitu kategori must be.  Pada kategori ini diperlukan usulan perbaikan yaitu memberikan contoh setoran yang sudah diisi di meja setoran sebagai acuan pengisian atau menempatkan pegawai bank untuk memberikan petunjuk pengisian, di setiap kotak yang berisi lembar setoran diberi tanda sesuai dengan lembar setoran, selalu menambahkan lembar setoran jika lembar tersebut mulai habis, penambahan  mesin ATM, melakukan pengecekan pada mesin ATM, menambahkan lahan parkir ataumemanfaatkan lahan kosong di sekitar wilayah bank terutama untuk parkir mobil, memberikan kanopi untuk parkir kendaraan roda dua, melengkapi slip yang sesuai dengan kebutuhasn nasabah, memberikan papan nama yang lebih besar, melakukan pelatihan kepada karyawan bank, mampu menjaga kerahasiaan nasabah, menempatkan petugas keamanan baik di luar maupun di dalam ruangan, karyawan bank harus menanyakan kembali kebutuhan, serta karyawan bank harus tanggap dengan nasabah yang belum memahami transaksi yang akan dilakukan.

Full Text:

PDF

References


Undang-undang RI nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 tentang Perbankan

Koestanto. T.H. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bank Jatim Cabang Klampis Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 10. Hal. 1-18 .2014.

Cahyani, P.D. Tingkat Kepuasan Nasabah terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah di Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Volume 6 (2), Hal. 151-162. Oktober 2016

Kurniawan. S. dan Muchsin S. Shihab. Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Hubungan Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.13 No.2. Hal. 199-2016. Juni 2015.

Atina. Analisis Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Potential Gain in Customer Value’s. Tugas Akhir Jurusan Teknik Industri. Fakultas Teknik Industri. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. 2010.

Aryani, D. dan Febrina Rosinta. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Hal. 114-126. Mei-Agus 2010.

Tjiptono. F. 2012. Service Management. Yogyakarta: Andi

Rachmansyah. A. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero). Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Vol. 2 No. 12. 2013.

Tjiptono. F. 2016. Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi

Fajar, A. D. Desain Prosedur Penilaian Kepuasan Pelanggan dalam Rangka Implementasi ISO 9001:2008 dengan Menggunakan Metode Servqual dan Model Kano di sebuah Perusahaan Jasa Transportasi Alat Berat. Skripsi Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia. 2011.

Priyatno, D. 2010. Paham Analisa Statistika Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom..

Rao, A. 1996. Total Quality Management: A Cross Functional Perspective. John Willey and Sons.

Hashim, A dan Siti Zawiah Md Dawal. Kano Model and QFD integration approach for Ergonomic Design Improvement. Elsevier. Procedia - Social and Behavioral Sciences. No. 57. Hal. 22-32. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.